Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Black garlic adalah sebutan dari bawang putih hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih dalam suhu serta kelembapan tertentu. Proses fermentasi ini mengubah kandungan nutrisi yang ada pada bawang putih, sehingga bawang putih hitam diyakini memiliki manfaat yang lebih beragam untuk kesehatan tubuh.

Black garlic memiliki warna hitam, aroma, serta rasa yang khas berasal dari berbagai jenis senyawa aktif yang ada di dalamnya. Senyawa aktif yang terdapat dalam black garlic memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Berpotensi mencegah dan membantu pengobatan kanker

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Studies on Garlic, senyawa aktif yang terdapat dalam black garlic diketahui memiliki potensi dalam mencegah dan membantu pengobatan kanker.

Black garlic dinilai memberi pengaruh positif bagi pasien yang mengalami kanker lambung, usus besar, paru-paru, sampai leukimia. Senyawa aktif yang terdapat dalam black garlic bekerja dengan berbagai cara di dalam tubuh.

Dengan cara memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan serta penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, serta merangsang produksi protein yang dikhususkan untuk membunuh sel kanker.

2. Berfungsi sebagai antioksidan

Black garlic adalah salah satu sumber antioksidan terbaik, yaitu folifenol, flavonoid, S-ally-cysteine, alkaloid dan masih banyak lagi. Fungsi utama senyawa antioksidan adalah melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah, kerusakan terhadap sel otot, sampai peradangan pada pasien diabetes.

Mengosumsi black garlic dipercaya memiliki khasiat yang menjanjikan dalam mencegah hal tersebut.

3. Mencegah peradangan pada jaringan tubuh

Peradangan merupakan respon sistem imun yang terjadi pada tubuh yang mengalami infeksi, cedera, atau terpapar racun. Walaupun berguna dalam pemulihan, peradangan yang terjadi terlalu panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, rematik, sampau lupus.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, senyawa aktif yang terdapat dalam black garlic dapat memperlambat produksi enzim dan protein yang dapat memicu peradangan. Sehingga, peradangan tetap terkendali dan tidak merusak jaringan tubuh yang sehat.

4. Menjaga kesehatan otak

Mengosumsi black garlic dapat membantu menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan black garlic dapat bekerja dengan melindungi sel-sel saraf otak dari peradangan, yaitu dampak negatif zat adiktif makanan (terutama glutamat), dan zat lainnya yang memiliki sifat merusak.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Anatomical Science Internasional, black garlic mampu meningkatkan kemampuan motorik pada otak, dengan cara menambah jumlah sel purkinje dalam otak.

Dengan begitu dengan mengosumsi black garlic memiliki potensi dalam melindungi otak dari penyakit yang sering menyerang otak, seperti penyakit Alzheimer.

5. Melindungi organ hati

Hati memiliki peran penting dalam menetralisis racun serta merombak sel darah merah dalam tubuh. Tetapi, fungsi hati dapat terganggu oleh infeksi, paparan obat-obatan, zat kimia, alkohol, serta suplemen yang berlebihan.

Cara kerja black garlic yaitu mencegah kematian sel-sel hati, melindungi sel-sel hati dari berbagai serangan radikal bebas dan peradangan, dan mencegah penumpukan lemak dalam sel-sel hati.

Bawang putih dikenal dengan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di sisi lain, black garlic yang merupakan hasil fermentasi bawang putih juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh yang tidak kalah dengan bawang putih.

Dari manfaat yang diberikan black garlic, Anda dapat menyertakan dalam menu harian, tetapi jangan mengosumsi secara berlabihan. Dalam hal ini mengosumsi black garlic secara berlabihan dapat memicu terjadinya gangguan pada sistem pencernaan dan kenaikan asam lambung.