Manfaat Buah Acai Berry Untuk Kesehatan

Hidup Sehat –  Acai Berry merupakan buah yang memiliki kesamaan dengan anggur. Buah ini memiliki warna gelap, dan berasal dari tumbuhan acai yang banyak dijumpai di negara Amerika Selatan, khususnya Brazil.

Dalam dunia medis, buah ini dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Meskipun berasal dari negara Brazil, buah ini sudah populer di kalangan masyarakat dunia. Hal ini dikarenakan manfaat yang diberikan buah ini untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat buah acai berry untuk kesehatan:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Sampai saat ini, masih belum diteumakn obat yang dapat menyembuhkan penyakit kognitif seperti Alzheimer dan Parkinson. Tetapi, sebuah penelitian membuktikan bahwa mengosumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kognitif.

Buah acai berry yang memiliki senyawa antioksidan antosianin, yang sangat baik dalam meredakan stres oksidatif serta peradangan, sehingga mengosumsi buah ini dapat menjaga kesehatan otak.

Bahkan, senyawa antosianin yang terkandung dalam buah acai berry dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Hal itu dikarenakan senyawa antosianin mampu melancarkan aliran darah ke otak.

2. Meningkatkan Kesehatan jantung

Sebuah studi menemukan bahwa mengosumsi makanan yang kaya akan kandungan antosianin, seperti acai berry, dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 32%, pada remaja wanita serta lanjut usia.

Serat serta lemak baik yang terkandung dalam acai berry juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Meskipun mekanisme senyawa antosianin dalam mencegah kanker masih dipertanyakan, tetapi kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah ini dipercaya dapat mencegah kanker.

Dalam sebuah riset, senyawa antosianin dipercaya dapat:

  • Berperan sebagai antioksidan dalam tubuh,
  • Mengaktivasi senyawa enzim detoksifikasi,
  • Mencegah proliferasi atau perkembangan sel kanker dalam tubuh,
  • Menginduksi kematian sel kanker dalam tubuh,
  • Mempunyai efek antiperadangan,
  • Dapat menghambat petumbuhan tumor,
  • Mencegah datangnya sel kanker.

Tetapi, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah acai berry serta kandungan antosianin-nya dalam mencegah kanker.

4. Meningkatkan performa atlet

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada atlet yang mengosumsi jus acai berry dalam kurung waktu 2 bulan, memang belum menemukan perbedaan dalam performanya.

Tetapi, buah ini sering kali dikaitkan dengan peningkatan aktivitas antioksidan yang terjadi dalam plasma darah, membaiknya profil lipid serum, serta mencegah cedera otot yang dapat meningkatkan performa atlet.

5. Kaya akan kandungan nutrisi

Acai berry merupakan bauh yang kaya akan kandungan nutrisinya. Uniknya, buah ini berbeda dengan buah-buahan pada umumnya, dikarenakan acai berru memiliki kandungan lemak yang tinggi tapi rendah gula.

Acai berry memiliki kandungan nutrisi, yaitu kalori, lemak, lemak jenuh, karbohidrat, gula, serat, vitamin A, kalsium, zinc, zat besi, mangan, magnesium, kalium serta fosfor.

Buah ini dapat Anda jumpai dengan bentuk kering, jus, segar, beku hingga pil. Sebelum mengosumsi buah ini, akan lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi, sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan untuk kesehatan tubuh.