Manfaat Labu Parang Untuk si Buah Hati

Hidup Sehat – Labu parang atau yang sering disebut dengan labu kuning ini selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, juga bermanfaat sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi.

Labu parang yang kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, B6, B12, C, E, dan K, ini memiliki berbagai manfaat baik untuk tumbuh kembang si Buah Hati. Selain baik dalam menjaga daya tahan tubuh, labu parang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata si Buah Hati sejak dini.

Selain kandungan vitamin, labu parang juga tinggi akan kandungan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembangnya, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, zinc, hingga selenium.

Berikut ini manfaat labu parang berdasarkan kandungan nutrisinya untuk si Buah Hati:

1. Menjaga kesehatan mata

Beberapa minggu setelah dilahirkan, si Buah Hati masih mengalami kesulitan untuk melihat apa pun yang ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan fungsi matanya yang masih belum dapat bekerja secara optimal, si Buah Hati hanya dapat menangkap bayangan yang ada di depannya.

Ketika si Buah Hati memasuki usia MPASI, Anda dapat memberikan menu pendamping ASI seperti labu parang untuk dapat menjaga kesehatan matanya. Kandungan vitamin A yang tinggi memiliki peran sebagai nutrisi yang dapat mempercepat perkembangan penglihatan bayi.

Labu parang juga mengandung senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu mengurangi risiko gangguan penglihatan, seperti degenerasi makula serta katarak.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam labu parang sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan si Buah Hati serta mencegah terjadinya sembelit. Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, kandungan vitamin A dalam labu parang juga mampu membantu memerangi infeksi, virus, serta penyakit menular.

Minyak Yang dihasilkan dari labu ini juga dapat menghalau beberapa bakteri dan infeksi jamur. Untuk labu parang dapat berfungsi dengan optimal dalam melancarkan sistem pencernaan si Buah Hati, pastikan bahwa Anda menolahnya terlebih dahulu sampai lembut sehingga mudah dicerna si Buah Hati.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada labu parang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Buah Hati. Vitamin yang bersama dengan komponen antimikroba lainnya sangat efektif dalam mencegah bayi terkena pilek dan flu

4. Membantu bayi tidur lebih nyenyak

Labu parang dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur si Buah hati. Hal ini dikarenakan senyawa triptofan dala labu parang mampu membantu tubuh memproduksi senyawa serotonin.

Serotonin merupakan senyawa neurotransmitter yang berkaitan dengan perasaan bahagia, mengurangi stres serta memberikan efek relaksasi, sehingga si Buah Hati dapat tidur lebih nyenyak.

Bahkan, labu parang yang mengandung asam amino dapat memberikan perasaan tenang dan rasa kantuk, sehingga si Buah Hati tidur lebih nyenyak.

5. Membantu pertumbuhan tulang dan fungsi otak

Labu parang kaya akan kandungan nutrisi penting yang mampu membantu tumbuh kembang si Buah Hati, seperti vitamin B12, kalsium, magnesium, serta fosfor.

Kalsium akan membantu pertumbuhan tulang si Buah Hati, begitu juga dengan kandungan magnesium. Sedangkan kandungan fosfor yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak, membantu sistem pencernaan, menjaga sel jaringan tubuh, serta menyeimbangkan hormon.

Labu parang tidak hanya memiliki manfaat untuk Buah Hati, orang tua juga. Mengosumsi labu parang dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, seperi mencegah risiko penyakit kanker, stroke, jantung, asma, mengurangi tanda penuaan pada kulit, menjaga penglihatan, sampai mencegah risiko degenerasi otak, seperti demensia dan pikun.