Olahraga Kardio Ini Cocok Untuk Anda Yang Sibuk

Hidup Sehat – Ketika Anda mendengar tentang olehraga kardio, hal yang pertama kali terlitas di benar adalah berlari, bersepeda, dan renang. Tetapi tahukah Anda bahwa pergerakan sehari-hari, seperti berjalan ataupun naik tangga merupakan aktivitas kardio?

Latihan kardiovaskular, atau yang sering disebut olehraga kardio merupakan dasar segala bentuk latihan yang bertujuan untuk melatih kerja jantung dan paru-paru. Jika dilakukan secara rutin (kurang lebih selama 150 menit per minggu) aktivitas ini dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko serangan jantung, menstabilkan kadar kolesterol, sampai mengurangi risiko osteoporosis.

Aktivitas yang padat seringkali membuat Anda tidak sempat untuk melakukan olahraga. Dalam hal ini olahraga kardio mungkin dapat menjadi penecualian. Beberapa bentuk latihan kardio dapat dilakukan tanpa mengganggu aktivitas kerja Anda.

Berikut ini jenis olahraga kardio yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Jalan Kaki (termasuk jalan cepat)

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga kardio yang sangat mudah untuk dilakukan dan murah, serta dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berjalan kaki selama 10 menit setiap hari sudah dapat membantu menyehatkan jantung dan paru-paru Anda. Walaupun begitu, Anda tetap disarankan untuk melakukannya selam 30 menit tanpa henti setiap harinya supaya manfaatnya optimal dalam tubuh. Jika Anda menginginkan tantangan yang lebih, cobalah dengan melakukan langka yang lebih cepat sehingga lebih banyak mengeluarkan keringat.

2. Bersepeda

Masyarakat sekarang makin sadar akan pentingnya mengurangi polusi kendaraan demi lingkungan yang lebih sehat dan baik. Tidak heran saat ini banyak yang melakukan gerakan bersepeda ke tempat kerja.

Jika bersepeda ke kantor tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh Anda, sisipkanlah kegitan bersepeda dalam rutinitas Anda, seperti bersepeda ke pasar, mini market, atau mengantar anak ke sekolah.

3. Lompat tali

Kapan terakhir kali Anda melakukan permainan lompat tali? Mungkin ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, atau saat bermain di masa kanak-kanak. Sekarang saatnya Anda kembali lagi untuk bermain lompat tali dan melakukanya sebanyak mungkin untuk memenuhi target 150 menit per minggu dengan cara yang mudah dan murah.

4. Berenang

Jenis olahraga ini merupakan salah satu cara yang paling baik dalam meningkatkan kinerja jantung tanpa membebani persendian Anda. Hal ini dikarenakan, air akan membantu tubuh untuk mengambang, sehingga tidak akan membebani persendian Anda.

Jika Anda tidak dapat berenang, gunakan papan kickboard dan gerakan kaki Anda mengitari kolam renang, dengan cara ini anda akan melatih kekuatan otot kaki dan juga sangat baik untuk otot perut Anda.

5. Naik tangga

Mungkin sudah saatnya Anda untuk melupakan lift yang ada di kantor dan menggantinya dengan naik tangga. Aktivitas ini sangat sedarhana tetapi sangat efektif dalam memompa jantung sehingga membuat Anda berkeringat.

Apabila kantor Anda berada di lantai yang sangat tinggi misalnya, 10 lantai, Anda tidak perlu untuk memaksakan diri untuk langsung naik tangga sampai menuju kantor Anda. Anda dapat melatih secara bertahap, yaitu mulai dengan naik tangga minimal 5 lantai dari kantor Anda. Yang pasti sesuaikan dengan kekuatan dan kemampuan tubuh Anda.

Kunci dari olahraga kardia adalah melakukan aktivitas apapun yang Anda gemari, yang pasti mengeluarkan keringat dan memacu jantung dan pari-paru untuk bekerja lebih keras.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, sehingga tidak dapat menimbulkan masalah kesehatan jika Anda melakukan salah satu olahraga kardio.