Manfaat Buah Bisbul Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Buah bisbul merupakan nama dari buah langka yang berasal dari negara Filipina. Buah ini masih memiliki kekerabatan dengan buah kesemek. Buah ini juga sering disebut dengan buah mentega, hal ini dikarenakan bisbul memiliki tekstur daging yang mirip dengan mentega. Buah ini juga memiliki bulu halus serta rasa daging manis tetapi sedikit sepat.

Buah bisbul dipercaya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan buah bisbul, yaitu serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan tiamin. Berikut ini manfaat mengosumsi buah bisbul untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kadar kalium yang tinggi dalam buah bisbul berfungsi sebagai vasolidator, yang dapat melebarkan pembuluh darah, meredakan stres pada sistem kardiovaskular, serta mengurangi tekanan darah tinggi.

Bahkan buah ini juga kaya akan kandungan serat. Dimana diet yang diperkaya dengan kandungan serat dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, stroke, sampai serangan jantung.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Buah bisbul juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan senyawa mineral yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Terjaganya sistem produksi sel darah merah di dalam tubuh dapat membawa dampak yang baik untuk kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, mempercepat proses penyembuhan, merangsang pertumbuhan rambut, serta meningktakan oksigenasi jaringan tubuh dan otot.

3. Meningktakan sistem imun tubuh

Tingginya kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam tubuh dapat membantu sistem imun atau kekelaban tubuh untuk memerangi infeksi, bakteri dan virus. Dalam hal ini, buah bisbul memiliki kedua kandungan diatas.

Vitamin C dan A akan berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh akan merusak serta membunuh sel sehat.

Selain itu, kandungan vitamin C dapat berperan dalam pertubuhan, perkembangan, dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Vitamin C juga sangat baik dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan sistem imun tubuh, penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan tulang.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah bisbul sangat baik dalam melancarkan perjalanan makanan menuju saluran pencernaan, sehingga dapat menghilangkan gejala sembelit serta masalah pencernaan lainnya.

Di negara Filipina, buah bisbul dipercaya sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan penyakit disentri dan diare. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah, membantu mendapatkan berat badan ideal, serta memperpanjang usia.

5. Menjaga kesehatan kulit

Buah bisbul juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit, dengan cara mengoleskan daging buahnya ke kulit. Beberapa studi yang dilakukan sudah membuktikan bahwa mengoleskan daging buah bisbul ke kulit dapat meredakan peradangan serta iritasi.

Bahkan, buah ini diklaim dapat mengobati gigitan ular serta racun lainnya dalam tubuh, tetapi hal ini masih perlu penelitian yang lebih lanjut dalam pembuktiannya.