Manfaat Ulat Sagu, Protein Tinggi dari Timur Indonesia

Hidup Sehat – Daging ayam, sapi, atau burung merupakan sumber protein hewani yang cukup umum serta sering dikonsumsi. Tetapi, ada beberapa sumber protein alternatif yang tidak kalah akan manfaatnya, yaitu ulat sagu.

Ulat sagu adalah lava dari kumbang merah kelapa, yang menggunakan bagian pucuk pohon sagu sebagai tempat bertelurnya.

Untuk masyarakat Timur seperti Papua dan Maluku, ulat sagu adalah salah satu sumber protein yang sering dikonsumsi, baik keadaan mentah ataupun diolah menjadi berbagai makanan kuliner khas daerah tersebut.

Ulat sagu sejauh ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak atau sebagai umpan pancing. Padahal, penelitian awal menunjukkan bahwa ulat sagu sangat baik dijadikan lauk yang bernutrisi serta bebas kolesterol.

Kandungan yang sangat menonjol pada ulat sagu adalah kandungan proteinnya yang mencapai 9,34 persen. Bahkan, sagu juga mengandung asam amino esensial, seperti asam aspartat, asam glutamat, tirosin, lisin, serta methionin.

Namun sampai saat ini, belum banyak penelitian yang mengkaji manfaat ulat sagu untuk kesehatan manusia. Tetapi, beberapa jurnal mengatakan bahwa ulat sagu memiliki khasiat seperti berikut ini:

1. Mengobati malaria

Tepung yang diolah dari ulat sagu merupakan salah satu sumber pangan berprotein tinggi. Saat protein berinteraksi dengan artemisinin (zat yang terdapat pada tanaman tertentu), dapat memunculkan imunitas untuk melawan parasit malaria pada fase aseksual.

Bahkan, kombinasi kedua senyawa ini memiliki kemampuan dalam menghamat aktivitas transmisi siklus malaria. Oleh sebab itu, ulat sagu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif dalam melawan malaria.

2. Menghambat stres oksidatif

Selain protein, tepung dari ulat sagu juga mengandung zat antioksidan yang dapat menghambat stes oksidatif yang diakibatkan dari infeksi. Dalam tubuh, zat antioksidan ini mampu mengurangi munculnya kerusakan jaringan normal yang diakibatkan dari paparan radikal bebas.

3. Memebuhi kebutuhan nutrisi anak-anak

Untuk daerah yang susah untuk mendapatkan sumber protein, ulat sagu dapat dijadikan alternatif protein dengan kandungan gizi yang tinggi. Penelitan mengatakan bahwa anak-anak yang mengosumsi ulat sagu tetap bisa tumbuh tinggi serta dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhannya.

4. Menaikkan stamina

Protein serta asam amino sudah terbukti dapat meningkatkan massa otot dan membuat Anda tetap kuat. Asam amino juga bisa mempercepat masa pemulihan setelah melakukan olahraga dan membantu Anda tidur lebih pulas.

5. Membantu menurunkan berat badan

Diet tinggi protein dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan protein serta asam amino dapat menstimulasi tubuh agar labih cepat dalam pembakaran lemak.