Buah Kasturi, Terancam Punah Yang Memiliki Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Hidup Sehat – Apakah Anda pernah mencicipi buah kasturi? Buah ini merupakan buah endemik dari pulai Kalimantan yang sudah sangat susah untuk dijumpai. Buah kasturi yang sering dikenal dengan mangga kasturi atau mangga Kalimantan. Oleh Perserikatan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), buah kasturi sudah dikategorikan sebagai buah yang sudah punah di alam liar atau Extinci in the Wild (EW).

Walaupun demikian, masyarakat Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan, masih ada beberapa yang menanamnya di pekarangan rumah. Buah ini banyak ditemukan di Kabupaten Banjar serta hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, serta tanaman ini banyak tumbuh di lahan kering serta lahan rawa pasang-surut.

Dalam sebuah penelitian, buah kasturi terbukti mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, seperti terpenoid dan polifenol yang merupakan zat antioksidan. Dimana senyawa polifenol memiki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

1. Antiperadangan

Antioksidan Polifenol dapat menangkal efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Radikal bebas yang tidak segera dihilangkan, dapat mengakibatkan inflamasi yang memiliki potensi memunculkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

Pohon kasturi juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah diabetes dengan menggunakan ekstrak akar atau batangnya. Pada bagian batang dan akar memiliki senyawa saponin dan taniin yang merupakan senyawa aktif glikosida triterpena yang sangat baik dalam menghambat penyerapan glukosa serta mencegah naiknya glukosa dalam darah.

2. Mencegah penggumpulan darah

Senyawa polifenol yang terdapat dalam buah kasturi sangat baik dalam mencegah penggumpulan darah. Dalan sebuah penelitian, mengatakan bahwa senyawa polifenol dapat menghambat terjadinya penyumbatan pada sel darah merah .

3. Menyehatkan percernaan

Penelitian lain juga mengungkapkan manfaat senyawa polifenol sebagai zat yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Konsumsi makanan yang mengandung polifenol dipercaya mampu melawan perkembangan bakteri jahat seperti C. difficile, E. coli, serta salmonella.

4. Meningkatkan fungsi otak

Dengan menurunkan risiko pengumpulan darah maka aliran darah ke otak menjadi lebih lancar, sehingga akan meningkatkan fungsi otak itu sendiri. Mengosumsi buah ini secara rutin dapat membantu Anda menjadi lebih fokus serta menambah daya ingat.