Manfaat Kacang Pecan Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Kacang-kacangan merupakan makanan yang memiliki kandungan serat dan protein nabati yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, kacang juga memiliki kandungan lemak sehat, vitamin, mineral dan senyawa antioksidan yang dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Salah satu jenis kacang yang memiliki segudang manfaat adalah kacang pecan. Mungkin Anda lebih familiar dengan beberapa kacang yang mudah untuk ditemukan, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang merah, atau kacang polong, tetapi kacang pecan juga tidak kalah manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini berbagai manfaat yang diberikan kacang pecan untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Senyawa antioksidan polifenol flavonoid yang tinggi dalam kacang pecan sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Bahkan, kandungan polifenol yang terdapat pada kacang pecan dua kali lipat lebih tinggi dari pada kacang almond, kacang mete, atau pistachio.

Kacang pecan juga memiliki kandungan gamma-tokoferol yang tinggi. Gamma-tokoferol merupakan salah satu bentuk vitamin E yang berperan baik dalam tubuh. Dikutip dari laman Health, dua penelitian yang berbedan mengatakan bahwa tingginya kadar gamma-tokoferol pada makanan olehan kacang pecan dapat membantu pencegahan oksidasi kolesterol yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang dan kulit

Kacang pecan mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti thiamin, seng, mangan, dan tembaga. Dalam 30 gram kacang pecan sudah dapat memenuhi 60% asupan mangan harian serta 40% asupan tembaga harian tubuh.

Mangan dapat membantu mengatur gula darah serta menjaga kesehatan tulang Anda. Bahkan, mineral mangan ini dapat membantu pembentukan kolagen, protein, khusus yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis.

Manfaat kacang pecan dalam menjaga kesehatan kulit tidak hanya dari kandungan mangan saja. Kacang pecan juga mengandung asam ellagic, vitamin A, serta vitamin E yang sudah terbukti ampuh dalam melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan kulit.

Sedangkan, kandungan tembaga yang terdapat dalam kacang pecan dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, yang membantu menjaga kekebalan tubuh, serta membantu menjaga kesehatan pembuluth darah, saraf, serta tulang.

3. Mencegah sembelit

Seorang ahli gizi, Anshul Jaibharat, mengatakan bahwa kacang pecan memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana serat dapat membantu membersihkan saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit, serta menurunkan risiko wasir dan radang usus.

4. Mencegah peradangan

Sebuah studi membuktikan bahwa kacang pecan yang mengandung asupan magnesium mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, salah satunya pada dinding arteri.

Berkurangnya peradangan pada dinding arteri secara tidak langsung akan membantu menurunkan risiko arthritis, penyakit Alzheimer, penyakit kardiovaskular, serta penyakit peradangan lainnya.

5. Mencegah rambut rontok

Kacang pecan juga di dapat membantu Anda yang sedang mengalami kerontokan pada rambut, terutama pada pria yang rentam mengalami kebotakan. Hal ini dikarenakan Kacang pecan memiliki kandungan asam amino L-arginin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Bahkan, asam amino tersebut dapat meningkatkan elastisitas dinding arteri, sehingga dapat membuat lajur aliran darah ke akar rambut lebih lancar. Pasokan darah segar ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan rambut jadi lebih maksimal serta membantu kulit kepala lebih sehat.

6. Menurunkan risiko kanker

Kacang percan memiliki manfaat yang sangat baik dalam melindungi tubuh dari risiko kanker. Kandungan asam ellagic yang terdapat pada kacang pecan mampu menghambat pengikatan DNA karsinogen yang menjadi penyebab kanker, yaitu nitrosamin serta hidrokarbon aromatik polisiklik.

Kacang pecan juga mengandung asam oleat, yaitu asam lemak yang sudah terbukti dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kanker usus besar. Termasuk juga kandungan serta yang dapat membersihkan pencernaa, sehingga dapat terhindar dari risiko kanker usus.