Manfaat Bunga Kecombrang Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Bahan masakan yang sering digunakan dalam menu kuliner Indonesia sangat beragam, salah satunya adalah bunga kecombrang atau yang sering di kenal dengan bunga honje. Selain memiliki rasa yang khas, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia.

Bunga kecombrang (Etlingera elatior) merupakan salah satu tanaman tahunan yang memiliki ketinggian 1-3 meter. Tanaman kecombrang dapat tumbuh subur di daerah rindang serta dekat dengan air dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Kandungan dan manfaat bunga kecombrang

Di negara barat, bunga kecombrang biasanya digunakan sebagai bunga hiasan untuk menambah tegak bunga lainnya yang berukuran lebih kecil dan lebih pendek. Tetapi, di Indonesia bunga ini digunakan lebih bervariasi, mulai dari dimasak dan dikonsumsi sebagai kuliner khas ataupun diolah menjadi produk kecantikan yang berguna untuk kulit.

Berdasarkan penelitian, bunga kecombrang sudah terbukti memiliki kandungan fitokimia berupa senyawa flavonoid, terpenoid, sopanin, tanin, dan alkaloid. Bahkan, bunga ini juga mengandung minyak atsiri atau sering dikenal dengan minyak eteris, minyak terbang, atau essential oil.

Bunga kecombrang di proses dengan cara menyulingan akan menghasilkan minyak atsiri yang memiliki ciri khas, yaitu sangat mudah menguap pada suhu kamar dan tidak larut dalam air. Minyak ini juga terasa getir, tetapi memiliki wangi yang khas yang mendatangkan manfaat untuk manusia.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki, bunga kecombrang dipercaya memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Memiliki sifat antioksidan yang sangat baik dalam menangkal pengaruh radikal bebas terhadap tubuh,
  • Bersifat antibakteri serta antijamur,
  • Dapat digunakan untuk mengobati sakit pada telinga,
  • Dapat mempercepat penyembuhan luka luar,
  • Dapat mengontrol serta menstabilkan gula darah dan tekanan darah,
  • Menangkal nyamuk, hal ini dikarenakan bunga kecombrang memiliki kandungan minyak atsiri di dalamnya,
  • Menghilangkan bau badan,
  • Memperlancar air susu ibu (ASI).

Walaupun dipecaya memiliki banyak manfaat, bunga kecombrang masih perlu dikaji untuk menfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sangat disarankan untuk Anda mengkonsultasikan dengan dokter jika mengalami gangguan atau keluhan setelah mengosumsi bunga kecombrang atau menggunakan minyak atsirinya.

Cara mengolah bunga kecombrang

Manfaat bunga kecombrang sangat mudah untuk didapat, yaitu dengan cara dikonsumsi mentah maupun dimasak terlebih dahulu. Berikut beberapa cara memanfaatkan bunga kecombrang:

  • Bunga kecombrang bisa digunakan sebagai campuran bumbu penyedap untuk berbagai makanan, baik makanan yang ditumis ataupun dijadikan makanan sayuran yang berkuah.
  • Direbus serta disajikan sebagai salah satu sayuran lalapan atau pecal.
  • Diiris halus, kemudian dijadikan sebagai campuran pada pembuatan megana (sejenis makanan urap berbahan dasar nangka muda).
  • Dijadikan sebagai campuran pada laksa atau sayur asam Karo.
  • Menjadi bahan campuran pada perendaman ikan sebelum dimasak untuk menghilangkan bau amis pada ikannya.
  • Dijadikan campuran pada sambal untuk hidangan ikan laut dan sebagainya.

Selain bagian bunganya, tanaman ini juga memiliki buah yang dapat dimanfaatkan sebagai tambahan bahan pada masakan. Hal ini dikarenakan buah kecombrang memiliki rasa asam yang khas. buah yang sudah matang dan tidak terlalu asam pada tanaman ini dapat dijadikan sebagai manisan kecombrang.