Tips Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Untuk Para Ibu

Hidup Sehat – Saat si Buah Hati akan mendapatkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) pertamanya, yang harus Bunda lakukan tidak hanya menyiapkan peralatan serta menu maknnya. Bunda juga wajib untuk mengatur jadwal makan bayi selama 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dalam tumbuh kembangnya.

Salah satu tujuan mengatur jadwal makan si Buah Hati adalah untuk mengenalkan rasa lapar serta kenyang pada si Buah Hati, yang sebelumnya si Buah hati hanya mendapatkan asupan ASI atau susu formula sesuai keinginannya.

Buah Hati yang tidak mengalami masalah kesehatan apa pun, waktu pengosongan lambung 50% adalah 100 menit untuk makanan padat serta 75 menit untuk makanan cair. Seiring dengan pertambahan usia si Buah Hati, masa pengosongan lambung ini akan semakin singkat, sehingga anak membutuhkan asupan makanan padat yang lebih banyak dan lebih sering.

Sebelum Bunda melakukan penyusunan jadwal makan bayi 6 bulan, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait dengan pemberian MPASI perdana si Buah Hati yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jumlah energi tambahan yang dibutuhkan Buah Hati dari makanan tambahannya yaitu 200 kalori per hari.

Jumlah pemberian MPASI setiap kali makan adalah 2-3 sendok makan dengan tesktur berupa makanan yang dilumatkan hingga menjadi semikental (puree). Berikut ini rekomendasi IDAI dalam pemberian makan MPASI sebanyak dua kali sehari untuk si Buah Hati:

06.00 : ASI
08.00 : Pemberian MPASI ke 1
10.00 : ASI
12.00 : ASI
14.00 : ASI
16.00 : Pemberian MPASI ke 2
18.00 : ASI

Pada awal pemberian MPASI, si Buah Hati masih melakukan adapatasi dengan makanan padat pertamanya sehingga IDAI tidak menyarankan pemberian makanan selingan atau snack. Makanan selingan dapat diberikan jika si Buah Hati sudah mulai nyaman dengan MPASI, misalnya pada minggu kedua pemberian MPASI.

Untuk Buah Hati yang sudah melalui tahap tersebut, jadwal makan buah hati 6 bulan yang dapat Bunda lakukan adalah sebagai berikut:

06.00 : ASI
08.00 : Pemberian MPASI ke 1
10.00 : Makanan selingan ke 1
12.00 : Pemberian MPASI ke 2
14.00 : ASI
16.00 : Makanan selingan ke 2
18.00 : Pemberian MPASI ke 3
21.00 : ASI

Perlu diingat, pemberian MPASI adalah proses gradual akan berbeda pada setiap bayi. Bunda dapat melakukan perubahan jadwal makan bayi 6 bulan di atas sesuai dengan kondisi si Buah Hati, serta berpegang pada prinsip dasar pemberian MPASI yang dianjurkan oleh IDAI.

Tips sukses mempraktekkan jadwal makan bayi 6 bulan

Setelah membuat jadwal makan bayi 6 bulan, Ada beberapa hal yang harus Bunda lakukan dalam mendukung kegiatan pemberian MPASI pada bayi, yaitu:

1. Porsi kecil

Seperti disebutkan di atas, Buah Hati yang baru memulai mengosumsi makanan pendamping ASI cukup memberikan 2-3 sendok makan per porsi. Makanan yang sudah diberikan kepada bayi dan terkena air liurnya tidak diperbolehkan untuk dihangatkan atau diberikan kembali ke Buah Hati.

2. Hanya memberikan air putih di sela-sela makan

Jangan berikan ASI mendekati jam makannya, supaya menghindari Buah Hati menolak makan makanan padat sekaligus mencegah Buah Hati kenyang lebih cepat. Sebaiknya, Bunda memberikan air putih saja di sela waktu makan Buah Hati.

Berdasarkan Akademi Kedokteran Anak Amerika Serikat (AAP), mengatakan bahwa bayi tidak membutuhkan air putih, tetapi air putih dapat dikenalkan untuk menyehatkan tenggorokannya, terutama pada saat cuaca panas. Bunda juga dapat memberi buah di sela-sela waktu makan, tetapi bukan dalam bentuk jus, hal ini dikhawatirkan bisa membuat Buah Hati kenyang sebelum makan.

3. Tidak dipaksa

Kondisikan jadwal makan bayi 6 bulan dengan lingkungan makan yang membuat si Buah Hati nyaman saat mendapatkan asupan nutrisi dari MPASI. Jangan memaksa si Buah Hati untuk menghabiskan makanannya jika sudah tidak memungkinkan.

Usahakan waktu melakukan kegiatan memberi makan khusus untuk menyuapi Buah Hati. Jangan memberi makan sambil mengajak bermain, menonton televisi, menggunakan gadget dan lain-lain.

Sebaiknya menghentikan pemberian makan setelah 15 menit si Buah Hati menolak untuk memasukan makanan ke dalam mulutnya. Dan hentikan juga pemberian MPASI jika Buah Hati terlihat marah, tutup mulut, atau menolak untuk makan yang telah disodorkan ke dalam bibirnya. Bunda dapat memberinya MPASI lagi pada sore atau keesokan harinya.

Ada bayi yang dapat lahap memakan MPASI yang diberikan kepadanya, tidak jarang juga Bunda harus mencoba 10-15 kali sebelum si Buah Hati mau menyantap makanan pendampingnya. Jika Bunda mengalami kendala terkait dengan pemberian MPASI maupun penyusunan jadwal makan bayi 6 bulan, segera konsultasikan dengan dokter anak.