Manfaat Yerba Mate Yang Sudah Diteliti Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Yerba Mate merupakan salah satu minuman khas dari Amerika Selatan yang terbuat dari tanaman Ilex paraguariensis. Masyarakat lokal melakukan kebiasaan meminum yerba mate dengan pot kecil yang disetai dengan sedotan besi. Apakah benar yerba mate memiliki manfaat untuk kesehatan?

Yerba mate dibuat dari daun Ilex paraguariensis yang dihaluskan dengan cara dipanggang dan ditumbuh, setelah halus daun tersebeut dicelupkan kedalam air, seperti teh pada umumnya. Banyak orang yang bertanya tentang yerba mate yang sering dikonsumsi dengan menggunakan sedotan besi khusus.

Hal ini dikarenakan sedotan besi yang digunakan memiliki filter yang dapat menyaring serpihan daun Ilex paraguariensis, sehingga serpihan tidak ikut masuk kedalam mulut setelah meminumnya. Di negara Amerika Selatan, mengosumsi minuman ini bersama teman-teman serta keluarga, dianggap sebagai simbol persahabatan.

Berikut ini manfaat yang diberikan yerba mete untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan antioksidan serta nutrisi

Yerba Mate memiliki kandungan nutrisi tumbuhan, yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut, yaitu:

Xanthines merupakan senyawa tumbuhan yang bertindak sebagai stimulan. Selainitu, kafein dan theobromine juga termasuk kedalam senyawa xanthines.
Derivat caffeoyl merupakan senyawa yang bertindak sebagai antioksidan utama yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Caffeoyl juga terdapat dalam teh.
Saponin merupakan senyawa yang sangat baik dalam meredakan peradangan serta menurunkan kolesterol, tetapi memiliki cita rasa yang pahit.
Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang sangat populer untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kekuatan antioksidan yang terdapat dalam yerba mate lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Apalagi yerba mate memiliki sekitar 7 dari 9 kandungan asam amino penting, dan vitamin serta zat mineral yang dibutuhkan tubuh.

Namun sayangnya, jika sudah dibuat menjadi teh, kandungan nutrisinya tidak lagi sebanyak dalam bentuk daunnya.

2. Meningkatkan energi serta fokus

Layaknya kopi, yerba mate juga memiliki kandungan kafein sekitar 85 mg per satu cangkirnya. Walaupun demikian, yerba mate juga dipercaya dapat meningkatkan energi serta mencegah rasa lesu yang menyerang tubuh.

Kafein yang terkandung dalam yerba mate dapat memberikan dampak baik untuk otak, sehingga membuat Anda lebih fokus dalam berbagai hal.

Berdasarkan beberapa riset yang dilakukan, telah membuktikan terhadap responden yang mengosumsi yerba mate dengan kandungan kafein sebanyak 37,5-45 mg, dapat meningkatkan kewaspadaan. Dalam hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan performa fisik

Kafein yang terdapat dalam yerba mate juga dipercaya dapat meningkatkan kontraksi pada otot, meredakan lelah, serta meningkatkan performa atletik mencapai 5%.

Fakta yang dihasilkan dari sebuah studi, mengatakan bahwa mengosumsi 1 kapsul yerba mate sebelum melakukan aktivitas olahraga, dapat membakar lebak lebih cepat, hingga mencapai 24%.

Tetapi sampai saat ini, masih belum diketahui anjuran porsi yerba mate yang dapat dikonsumsi untuk mencapai performa yang baik saat berolahraga.

4. Mencegah infeksi

Sebuah penelitian dengan tes dalam tabung membuktikan bahwa yerba mate dengan dosis tinggi dapat membunuh bakteri E. Coli penyebab keracunan makanan, kram perut, sampai diare.

Senyawa yang terdapat dalam yerba mate juga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan jamur Malassezia furfur, yang dapat menyebabkan ketombe serta masalah pada kulit.

Tetapi , penelitian ini masih belum dilakukan pada manusia. Sehingga, manfaat yerba mate dalam mencegah infeksi baktri dan jamur masih belum diketahui untuk manusia.

5. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bukti bahwa mengosumsi yerba mate dapat mengurangi nafsu makan serta meningkatkan metabolisme yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia juga memperlihatkan bahwa yerba mate dapat meningkatkan lemak yang dibakar menjadi energi.

Dalam sebuah riset lainnya, responden yang memiliki berat badan berlebih diminta untuk mengosumsi bubuk yerba mate sebanyak 3 gram, dan setelah 2 minggu para responden mengalami penurunan berat badan hingga 0.7 kg.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Yerba mate dipercaya memiliki kamampuan dalam meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan pada hewan, dimana hewan yang mengosumsi yerba mate mengalami penurunan peradangan penyebab obesitas.

Yerba mate juga memiliki potensi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, yang menjadi faktor utama dalam penyakit jantung.

Sebuah riset yang dilakukan juga mangatakan bahwa yerba mate sangat baik dalam meningkatkan efektivitas penggunaan statin, yaitu obat penurun kolesterol.

7. Mencegah osteoporosis

Para peneliti yang melakukan riset pada wanita yang mengosumsi minuman yerba mate sebanyak 1 liter setiap hari dalam waktu 4 tahun, menyimpulkan bahwa wanita tersebut mengalami sedikit penurunan kepadatan tulang, dibandingkan mereka yang tidak mengosumsi minuman yerba mate dalam jangka waktu yang sama.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Yerba mate juga mengandung sapanin yang merupakan komponen natural yang dapat meredakan peradangan. Bahkan, minuman ini juga tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin E, selenium, serta zinc. Semua kandungan tersebut adalah senyawa antioksidan yang sangat baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh.