Manfaat Superfood Flaxseed Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Flaxseed merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari biji tanaman rami yang hanya tumbuh di daerah Asia, Eropa, dan wilayah Mediterania. Flaxseed telah lama digunakan sebagai obat. Bahkan saat ini flaxseed diangap sebagai makanan superfood, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi serta lengkap.

Berbagai penelitian yang dilakukan sudah membuktikan akan kandungan yang dimiliki oleh flaxseed sangat baik untuk kesehatan tubuh. Flaxseed memiliki dua jenis yaitu cokelat dan emas, dimana keduanya tidak memiliki perbedaan walaupun memiliki warna yang berbeda.

Flaxseed kaya akan kandungan serat, protein, karbohidrat, asam lemak omega-3, lemak total, lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, vitamin B, folat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, zat besi, serta zinc.

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, berikut ini manfaat untuk Anda yang rutin mengosumsi flaxseed:

1. Mengelola kadar kolesterol serta kesehatan jantung

Flaxseed dapat digunakan sebagai makanan yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi serta menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini dikarenakan flaxseed kaya akan kandungan serat, asam lemak omega-3, serta fitosterol.

Berdasarkan para ahli, mengosumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat dan omega-3 dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Serta kandungan fitosterol juga sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Mencegah konstipasi

Untuk Anda yang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, Anda dapat mencoba mengosumsi biji rami secara rutin. Serat yang terkandung dalam flaxseed merupakan serat yang larut dalam air, sehingga sangat bermanfaat untuk menyerap air yang berguna untuk menambah massa pada tinja. Sehingga, buang air besar menjadi lebih lancar.

Tetapi sebaiknya Anda tidak mengosumsi flaxseed dalam jumlah yang banyak, hal ini dikarenakan biji-bijian ini dapat memicu diare.

3. Membantu dalam menurunkan risiko kanker

Flaxseed merupakan biji-bijian yang sangat baik dalam melawan berbagai jenis sel kanker. Manfaat ini dihasilkan dari senyawa lignan yang ada didalam flaxseed. Senyawa lignan memiliki sifat antioksidan sekaligus estrogen yang baik untuk melawan serta mencegah kanker.

Berbagai penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa senyawa lignan dalam flaxseed sangat baik dalam membantu penurunan risiko kanker payudara serta kanker prostat.

4. Mengontrol rasa lapar

Anda dapat mengganti cemilan berat dengan cemilan yang lebih sehat yaitu dengan cara mencampurkan flaxseed ke dalam yoghurt atau minuman yang ditaburi flaxseed. Para peneliti juga menemukan bahwa memasukkan 2,5 gr ekstrak biji rami ke dalam minuman bisa mengurangi nafsu makan serat rasa lapar.

Kembali lagi, hal ini dikarenakan kandungan serat larut dalam air yang dimiliki flaxseed. Serat larut air sangat baik dalam membantu memperlambat pencernaan yang membuat Anda kenyang lebih lama.

5. Meredakan gejala arthritis

Sampai saat ini, flaxseed menjadi makanan pilihan untuk beberapa pasien yang mengalami rematik atau rheumatoid arthritis yang sangat baik dalam meredakan gejala nyeri sendi serta kaku sendi. Hal ini diduga dari kandungan alpha linoleic acid (ALA) yang dimiliki biji rami dalam membantu mengurangi peradangan.

Cara mengosumsi flaxseed :

  • Mencampurkan flaxseed ke dalam air putih untuk dikonsumsi sehari-hari.
  • Dapat menjadikan minyak flaxseed sebagai dressing salad buah dan sayur.
  • Menabur flaxseed di atas sereal.
  • Mencampur flaxseed ke dalam yoghurt atau smoothie.
  • Mencampur flaxseed dengan air sebagai pengganti telur, dalam adonan kue.
  • Menyelipkan flaxseed ke dalam roti.

Hindari flaxseed jika Anda memiliki kondisi berikut:

  • Jika sedang menggunakan obat-obatab tertentu, seperti obat pengencer darah, OAINS, serta obat penurun kolesterol
  • Sedang hamil atau menyusui

Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan manfaat yang baik jika tetap ingin mengosumsi biji-bijian ini.