Buah Kundur, Si Winter Melon Yang Kaya Manfaat

Hidup Sehat – Buah kundur (Benincasa hispida) merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daerah tropis dan sudah banyak dibudidayakan di berbagai wilayah Asia lainnya. Buah kundur juga sering disebut dengan beligo yang memiliki bentuk seperti labu, serta sering dikonsumsi layaknya sayur atau diolah menjadi manisan.

Buah ini juga memiliki berbagai kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti zat gizi makro yaitu protein, lemak, serta karbohidrat, dimana ketiga kandungan ini akan menghasilkan energi.

Dalam buah ini juga mengandung berbagai jenis vitamin serta mineral, seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tiamin, riboflavin, niasin, serta vitamin C, dan kandungan air yang mencapai 95%.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki buah kundur, ada beberapa manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Menjaga suhu tubuh tetap normal

Suhu yang ada di lingkungan dapat berubah-ubah, sehingga membuat tubuh harus menyesuaikannya. Mengosumsi makanan yang banyak mengandung cairan dapat membantu metabolisme tubuh untuk menjaga suhu tetap normal.

Buah kundur dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, hal ini dikarenakan buah kundur memiliki kandungan air yang sangat melimpah.

2. Mengatasi asma

Buah kundur juga dipercaya dapat mencegah serta mengatasi penyakit asma. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi (antiradang) dalam buah ini.

3. Menurunkan kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa mengosumsi buah kundur bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Buah ini dapat menjadi salah satu pilihan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah kundur merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serta yang tinggi. Sehingga sangat baik dalam membantu serta meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serta yang dimiliki oleh buah kundur dapat membantu melarutkan makanan dalam sistem pencernaan.

Bahkan serat dalam kundur dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Sehingga akan terhindar dari risiko penyakit kanker usus.

5. Mengobati radang tenggorokan

Jika Anda memiliki masalah dengan radang tenggorokan, Anda dapat mengosumsi buah kundur untuk membantu mengatasi radang tenggorokan yang Anda alami. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki sifat antiinflamasi yang akan melepaskan zat untuk mengatasi penyebab terjadinya peradangan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kundur memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Dimana kedua kandungan ini sangat baik dalam melawan radikal bebas yang menjadi salah satu faktor utama terjadinya penyakit kanker. Mengosumsi buah ini secara rutin akan membantu Anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga tubuh tetap sehat.

7. Mengatasi gejala osteoporosis

Buah kundur yang memiliki senyawa antiinflamasi dapat membantu meringankan gejala osteoporosis. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, dimana kandungan ini sangat baik dalam membantu pertumbuhan sel yang dapat memperkuat tulang Anda.