Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Kacang panjang merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang memiliki bentuk yang memanjang mulai dari 30-120 cm. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi. Kacang panjang yang siap untuk dipanen jika memiliki kulit yang keriput.

Kandungan nutrisi pada kacang panjang sudah diketahui secara luas serta sudah terbukti akan efek positif untuk kesehatan tubuh. Manfaat kacang panjang dikarenakan kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti vitamin C, folat, mangan, magnesium, serta beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya. Bahkan kacang panjang memiliki kandungan antioksidan, terlebih lagi dari jenis flavonoid.

Berikut ini beberapa manfaat kacang panjang yang baik untuk kesehatan:

1. Menyehatkan mata

Kacang panjang yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Terdapat 865 IU atau sekitar 28 % dari total kebutuhan harian vitamin A untuk pria dan 37 % untuk wanita pada 100 gram kacang panjang.

2. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dalam kacang panjang sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C akan membantu mengurangi risiko kulit kering dan keriput. Tidak hanya kandungan vitamin C nya saja, kacang panjang juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan pada kulit.

3. Menurunkan risiko nyeri sendi

Manfaat ini masih berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, kacang panjang hanya memiliki sekitar 18,8 mg kandungan vitamin C per 100 gram nya.

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan vitmain C serta antioksidan merupakan senyawa yang sangat baik dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, kanker, ataupun artritis.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Kacang panjang yang memiliki kandungan magnesium yang mencapai 44 mg per 100 gram nya. Kandungan magnesium adalah zat yang sudah terbukti dalam mengatasi masalah hiperaktif, kecemasa, serta susah tidur yang dikarenakan adanya gangguan pada fungsi otak.

6. Menyehatkan janin

Kandungan folat yang terdapat dalam kacang panjang memiliki peran penting untuk kesehatan janin, terutama pada saat trimester awal kehamilan. Kandungan folat sudah terbukti sangat baik dalam mencegah bayi lahir dengan keadaan cacat bawaan, seperti kelainan jantung dan spina bifida.