Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Siwak merupakan salah satu bahan tradisional yang sudah lama digunakan sebagai pembersih rongga mulut, bahkan sudah terbukti secara ilmiah. Tidak hanya digunakan sebagai pembersih, tubuhan satu ini juga memiliki kandungan yang bersifat antijamur serta antibakteri.

Tidak heran, penggunaan siwak sampai saat ini masih dipertahankan, bahkan siwak sudah digunakan sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan pasta gigi modern.

Batang siwak yang dikunyah akan memiliki penampakan yang mirip dengan sikat. Serat-serat yang muncul setelah dikunyak inilah yang digunakan untuk membesihkan permukaan gigi serta gusi.

Berikut ini manfaat yang diberikan batang siwak untuk kesehatan gigi:

1. Mencegah gigi berlubang

Siwak dipercaya memiliki kandugan yang sangat baik dalam mencegah gigi berlubang. Manfaat ini didapatkan dari rasa khas siwak, dan cara penggunaannya yang dikunyah terlebih dahulu, untuk memicu keluarnya air liur dalam mulut.

Air liur yang dihasilkan dari mengunyah siwak, dapat membantu menjaga keseimbangan asam yang ada di dalam rongga mulut. Kondisi asam di dalam rongga mulut akan membantu menyeimbangkan pH dalam rongga mulut.

2. Mencegah bau mulut

Siwak tidak hanya dapat digunakan sebagai pembersih gigi, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan lidah. Dimana lidah yang tidak bersih adalah pemicu utama dari bau mulut.

3. Mengandung bahan antibakteri

Berdasarkan pelenitian yang dilakukan mengatakan bahwa siwak mengandung bahan yang dapat mencegah berkembangnya bakteri perusak gigi. Dimana bakteri tersebut ialah S. mutans, L. acidophilus, serta P. Gingivalis.

4. Mengandung bahan antijamur

Infeksi yang terjadi dalam rongga mulut disebabkan oleh adanya jenis jamur Candida albincans. Dengan menggunakan siwak dipercaya bisa mencegah perkembangan bakteri mikroba tersebut. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfat pada siwak yang cukup tinggi.

5. Dapat menghambat pembentukan plak gigi

Penggunaan siwak dapat menghambat pembentukan plak gigi secara kimia. Plak yang terdapat pada gigi merupakan akar dari berbagai masalah yang ada dalam rongga mulut, seperti gigi berlubang serta karang gigi. Dengan menggunakan siwak secara rutin dapat mengurangi risiko gusi berdarah.

Meskipun memiliki manfaat yang beragam, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan batang siwak, yaitu :

  • Siwak sulit menjangkau ke semua bagian gigi.
  • Dapat mengikis permukaan gigi.
  • Menjadi faktor risiko penurunan gusi.

Siwak juga memiliki batas waktu pemakaian, dimana setelah 24 jam, siwak akan mengeluarkan komponen yang tidak baik untuk kesehatan. Dengan demikian, sebaiknya Anda yang ingin menggunakan siwak secara alami, gunakanlah batang siwak yang segar.

Untuk Anda yang ingin menggunakan siwak dalam merawat kesehatan gigi, sebaiknya anda berkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi, sehingga tidak akan mengalami masalah untuk kedepannya.