Mengulik Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Anda

Hidup Sehat – Sebagai masyarakat Indonesia, Anda pasti sudah mengenal salah satu rempah yang memiliki aroma yang khas yaitu kencur. Rempah ini juga sudah di klam memiliki berbagai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kencur (Kaempferia Galanga) adalah tumbuhan yang masih termasuk dalam keluarga jahe. Rempah ini mengandung kaempferol serta borneol yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah potensi manfaat rempah kencur untuk kesehatan Anda:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kencur dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dibuktikan dari penelitian terhadap hewan yang diberikan ekstrak etanol rimpang kencur, tikus tersebut mengalami penurunan kadar kolesterol total serta kolesterol jahat dalam darah secara signifikan. Hasil ini diperlihatkan setelah 1 bulan penggunaan kencur.

Walaupun begitu, temuaan ini masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut sehingga benar-benar terbukti manfaatnya untuk manusia.

2. Mencegah osteoporosis

Penelitian yang sama juga menunjukkan akan penggunaan ekstrak kencur terhadap tikus dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga sangat baik dalam menegah osteoporosis.

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi lemas serta rapuh. Selain itu, pada kondisi tertentu tekanan ringan seperti membungkuk bisa menyebabkan tulang menjadi patah.

Meskipun dapat memberikan manfaat, penelitian ini masih dilakukan terhadap hewan, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat positifnya untuk manusia.

3. Membantu menjaga kesehatan mental

Mengosumsi kencur secara rutin dapat membantu meredakan gangguan mental. Hal ini berdasarkan oleh sebuah studi yang mengatakan bahwa estrak aseton rimpang serta daun kencur memiliki sifat antidepresan yang baik dalam menenangkan sistem saraf pusat.

Bahkan, kencur juga sering digunakan sebagai tanaman obat dalam meredakan gejala stres, gangguan kecemasan, serta depresi.

4. Mencegah infeksi jamur

Candida albicans merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam tubuh manusia, yang berada pada saluran pencernaan, vagina, serta mulut. Keberadaan jamur ini sebenarnya bukan menjadi permasalahan selama pertumbuhannya tidak berlebihan yang dapat menimbulkan infeksi.

Oleh sebab itu, infeksi jamur pada manusia harus dihambat pertumbuhannya salah satunya candida albicans dengan menggunakan kencur.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa penggunaan ekstrak kencur sangat baik dalam menghambat pertumbuhan jamur candida albicans, serta membantu mengatasi infeksi jamur.

5. Membantu memenuhi kebutuhan mineral

Berdasarkan penelitian lainnya mengatakan bahwa kencur juga memiliki kandungan nutraceutical yang dapat memberikan berbagai manfaat dalam tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari fosfor, kalium, magnesium, zat besi, serta zinc yang cukup tinggi.

Kencur juga dapat berfungsi sebagai senyawa antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan bersifat chemopreventive, yaitu suatu bahan yang bisa mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Walaupun memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, akan lebih baik untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan untuk kedepannya.