Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Kacang kapri merupakan salah satu makanan sehat yang sering diremehkan, hal ini mungkin dari bentuknya yang kecil. Padahal, kacang kapri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin K, C, dan asam folat.

Selain itu, kacang kapri juga salah satu sayuran yang tinggi akan kandungan serat dan antioksidan. Bahkan sudah banyak penelitian yang mendukung akan manfaat yang diberikan kacang kapri dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini manfaat yang diberikan kacang kapri untuk kesehatan:

1. Sayuran bernutrisi tinggi

Kacang kapri ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan tersebut terdiri dari kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B1, folat, mangan, zat besi, dan fosfor.

Uniknya, kandungan protein yang dimiliki oleh kacang kapri lebih tinggi dibandingkan dengan sayur wartel. Dimana kandungan ini sangat baik dalam memperkuat massa otot.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Berdasarkan kandungan serat yang tinggi dalam kacang kapri, maka mengosumsi kacang kapri secara rutin dapat membantu meyehatkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat sangat baik untuk melunakkan tekstur feses, sehingga membantu buang air besar lebih lancar.

3. Mengandung zat besi yang tinggi

Perlu untuk diketahui, bahwa seseorang yang kekurangan kandungan zat besi dapat menyebabkan anemia. Dalam hal ini, kacang kapri yang tinggi akan kandungan zat besi dapat membantu Anda dalam mengatasi anemia.

Dimana kandungan zat besi merupakan zat yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang kapri juga diperkaya akan kandungan vitamin C, hal tersebut menjadikan kacang kapri salah satu makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan mengosumsi satu porsi kacang kapri sudah dapat memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan lutein yang terdapat dalam kacang kapri merupakan salah satu komponen yang dapat menyehatkan mata, dengan cara mencegah penyakit katarak serta degenerasi makula di usia tua. Bahkan, mengosumsi kacang kapri secara rutin dapat membuat penglihatan Anda semakain tajam dan jelas.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Serat yang terdapat dalam kacang kapri bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara mencegah berbagai macam penyakit jantung dan stroke. Bahkan, serat dalam kacang kapri dapat menjaga kestabilan tekanan darah.

7. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kacang kapri dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Dimana kolagen dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C juga dapat mencegah kerusakan sel aktif yang ada di dalam tubuh akibat radikal bebas. Bahkan, kacang kapri juga memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, hingga alfa karoten yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

8. Baik untuk kesehatan pria

Mengosumsi kacang kapri dapat membantu pria dalam meningkatkan jumlah serta motilitas sperma. Hal ini dikarenakan kacang kapri mengandung zat glycodelin yang sangat baik dalam memperkuat sperma serta meningkatkan sperma dalam membuahi sel telur.

9. Mencegah diabetes

Kacang kapri yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, dengan begitu penyakit diabetes dapat dicegah. Hal tersebut dikarenakan kacang kapri mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. Mengosumsi kacang kapri juga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.