Manfaat Nutrisi Artichoke Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Jika Anda yang sering mengikuti resep-resep makanan yang berada di luar negeri, mungkin Anda akrab dengan artichoke sebagai salah satu bahan yang sering dicampurkan. Tanaman ini aslinya berasal dari wilayah Mediterania, sehingga tidak begitu terkenal di Nusantara.

Artichoke (Cynara cardunculus vas. Scolymus) merupakan jenis tanaman yang tergolong kelompok thistle serta kaya akan nutrisi. Tanaman ini sering dikonsumsi sebagai sayuran, dimana tanaman ini memiliki nutrisi baik untuk kesehatan.

Nutrisi tersebut mulai dari zat gizi mikro, vitamain, sampai mineral. Berikut ini kandungan gizi yang didapat setelah mengosumsi artichoke:

Zat gizi makro meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak.
Vitamin meliputi B6, B3, B2, B1, B9, C, dan K.
Mineral meliputi magnesium, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, dan zinc.

Dengan kandungan yang dimiliki artichoke, berikut ini manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh:

1. Berpotensi dalam mengendalikan kadar kolesterol

Artichoke dipercaya memiliki efek positif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 terhadap 700 responden yang mengosumsi ekstrak daun artichoke tiga kali dalam sehari selama 5-13 minggu dilaporkan bahwa terjadi penurunan kadar kolesterol total serta kolesterol jahat (LDL).

Kemampuan tanaman ini dalam mengandalikan kadar kolesterol ada dua cara. Pertama, tanaman ini memiliki kandungan molekul antioksidan luteolin, dan yang kedua dikarenakan kemampuannya untuk merangsang tubuh agar lebih efekif dalam memproses kolesterol.

2. Dapat membantu mengontrol tekanan darah

Ekstak artichoke juga dipercaya dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didasari oleh kandungan mineral kalium yang terdapat dalam tanaman ini sangat baik mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Ada riset yang mengatakan bahwa ekstrak artichoke dapat merangsang enzim eNOS dalam tubuh, dimana jenis enzim ini penting dalam pelebaran pembuluh darah.

3. Berpotensi menyehatkan sistem pencernaan

Artichoke juga tinggi akan kandungan serat pangan, dimana kandungan ini sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik, menurunkan risiko terjadinya kanker usus, dan meredakan gejala diare serta sembelit.

Serat yang terdapat pada tanaman ini berjenis inulin. Dimana jenis serat ini dapat bertindak sebagai prebiotik yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik. Artichoke juga memiliki kandungan senyawa sinarin yang memberikan efek positif untuk sistem pencernaan.

4. Membantu mengontrol gula darah

Artichoke serta ekstrak daunnya dipercaya memiliki efek positif dalam mengontrol tekanan gula darah dalam tubuh. Meski masih butuh riset lebih lanjut akan manfaat artichoke dalam mengontrol gula darah, tetapi ada penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak artichoke baik dalam memperlambat aktivitas alpha-glucosidase. Dimana enzim ini akan memecah amilum atau pati menjadi glukosa, sehingga dapat memperlambat kenaikan kadar gula darah.

5. Baik dalam melawan sel kanker

Beberapa penelitian dan studi terhadap uji tabung pada hewan mengatakan bahwa potensi khasiat artichoke untuk melawan kanker. Sebagai salah satu makanan nabati, artichoke memiliki berbagai macam molekul antioksidan yang sangat baik dalam melindungi tubuh dari sel kanker, seperti rutin, kuersetin, silimarin, serta asam galat. Dimana senyawa antioksidan tersebut bersifat antikanker.

6. Baik untuk membantu menjaga kesehatan hati

Berdasarkan studi yang dilakukan mengatakan bahwa mengosumsi ekstrak daun artichoke dipercaya dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru di dalam organ hati. Studi lain juga mengatakan bahwa ekstra artichoke dapat membantu meningkatkan produksi cairan empedu, yang sangat membantu dalam menyingkirkan senyawa beracun di dalam organ hati.