Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Hidup Sehat – Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi krusial di dalam tubuh, dimana organ ini berperan sebagai penyaring serta pembuang limbah racun, garam berlebih, dan urea yang ada di dalam tubuh.

Pada saat ginjal mengalami kerusakan atau bermasalah, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, bahkan jika kerusakan ginjal terlalu parah dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga fungsinya dapat bekerja secara optimal.

Berikut ini ada bebarapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal:

1. Mengosumsi makanan sehat

Mengosumsi makanan yang tidak baik, seperti makanan cepat saji (junk food), makanan dengan garam dan gula yang tinggi, dapat menyebabkan penyakit hipertensi, diabetes, maupun gejala lainnya yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada organ ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti makanan diatas dengan membiasakan mengosumsi makanan dengan menerapkan pola gizi seimbang yang akan membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh.

2. Rutin berolahraga

Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya dapat membuat tubuh Anda menjadi bugar, tetapi juga akan menjaga kesehatan ginjal. Kegiatan olahraga dapat menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung, yang keduanya berperan dalam mencegah kerusakan ginjal.

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, Anda hanya perlu melakukan olehraga mudah seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Kegiatan ini hanya perlu dilakukan setidaknya tiga hari dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit per harinya.

3. Memenuhi kebutuhan cairan

Banyak orang lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dapat dikatakan bahwa mengosumsi air putih dengan cukup sudah dapat menjaga kesehatan ginjal. Air akan membantu membersikan natrium serta racun yang ditampung oleh ginjal, sehingga sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Oleh karena itu, minumlah air putih sekitar 8 gelas atau sekitar 2 liter perharinya agar membantu ginjal tetap sehat dan optimal.

Mengosumsi air putih dapat membuat Anda lebih sering melakukan buang air kecil. Supaya ginjal Anda tetap sehat, sebaiknya jangan menahan buang air kecil ketika tubuh Anda sudah menginginkannya.

4. Berhenti merokok

Apakah Anda mempunyai kebiasaan merokok? Jika ia, sebaiknya Anda segera menghentikannya. Merokok bisa meningkatkan risiko kanker ginjal serta merusak pembuluh darah.

Berhenti merokok merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, melakukan hal ini mungkin sulit, tetapi Anda tidak akan menyesal untuk kemudian harinya.

5. Menghindari mengosumsi alkohol secara berlebihan

Mengosumsi alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal yang serius, hingga menimbulkan masalah dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, mengosumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat ginjal tidak bekerja dengan optimal. Jadi, sebaiknya Anda yang terbiasa mengosumsi alkohol secara berlebihan dapat mulai untuk berhenti, hal tersebut akan membantu ginjal Anda tetap sehat.

6. Mengontrol gula darah

Mengontrol gula darah dalam tubuh juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal Anda. Penderita diabetes atau kondisi yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh, akan lebih rentan terhadap kerusakan organ ginjal yang dapat mengancam jiwa.

Saat sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dalam darah, maka ginjal akan dipaksa untuk bekerja lebih keras dalam menyaring darah dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa kadar gula darah secara rutin serta menghindari berbagai macam makanan yang tinggi akan kandungan gula.

7. Memantau tekanan darah

Mempunyai tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Untuk terhindar dari masalah tersebut, lakukanlah pemeriksaan tekanan darah tinggi secara teratur supaya dapat memantau keadaan tekanan darah Anda.

Bahkan, Anda dapat menggunakan obat yang telah diresepkan oleh dokter dan mulai untuk melakukan pola hidup sehat.

8. Melakukan pemeriksaan organ ginjal

Melakukan pemeriksaan organ ginjal penting untuk dilakukan, hal ini untuk mendeteksi sedini mungkin akan keadaan organ ginjal Anda. Apabila Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, serta riwayat keluarga yang memiliki penyakit gagal ginjal.

Pemeriksaan organ ginjal, dokter akan melakukan serangkaian tes fungsi ginjal, dengan menjalani tes yang diberikan oleh dokter, Anda akan mengetahui kondisi organ ginjal serta mendeteksi jika memiliki masalah pada ginjal..

Barbagai cara untuk menjaga kesehatan organ ginjal diatas sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar sehingga ginjal dapat bekerja secara optimal. Ginjal yang terjaga kesehatannya akan membantu Anda terhindar dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ini.