Beberapa Obat Nyeri Haid Paling Berkhasiat

Hidup Sehat – Kebanyakan perempuan pada saat nyeri haid datang akan mengalami kesulian untuk beraktivitas. Hal tersebut tidak hanya sakit pada bagian perut, tetapi rasa tidak nyaman yang dapat menjalas ke seluruh tubuh. Sehingga, pada saat kondisi tersebut datang, Anda memerlukan obat nyeri paling berkhasiat.

Obat yang dapat digunakan dalam meredakan nyeri haid tidak berbeda dengan nyeri lainnya seperti sakit gigi atau nyeri sendi. Pada dasarnya, obat-obatan tersebut merupakan golongan obat bersifat antiinflamasi non-steroid (OAINS) dan bisa di dapat secara bebas di apotek.

Beberapa jenis obat haid yang aman untuk dikonsumsi

Cara paling mudah dalam meredahkan rasa nyeri pada saat haid adalah dengan mengosumsi obat pereda nyeri. Akan tetapi perlu untuk diingat bahwa selain obat, ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit yang berada disekitar perut serta punggung selama menstruasi.

Saat cara alami tidak dapat berkerja dalam meredakan gejala tersebut, maka Anda dapat mulai menggunakan obat-obatan seperti berikut ini. Tetapi, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap obat-obatan tersebut.

1. Ibuprofen

Ibuprofen selain dapat digunakan sebagai obat pereda demam, sakit punggung, atau sakit gigi, juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid. Obat ini masih dalam golongan OAINS, dimana obat ini akan bekerja dengan cara mengurangi produksi hormon yang menjadi penyebab munculnya peradangan serta nyeri pada bagian tubuh.

Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan dan harus sesuai dengan dosis yang terdapat pada kemasan. Hindari mengosumsi obat ini melebihi dosis yang dianjurkan walaupun nyeri haid masih terasa cukup parah. Sebab untuk beberapa orang mengosumsi obat ini dapat memberikan efek samping berupa pendarahan dan gangguan ginjal.

2. Asam mefonamat

Sama dengan ibuprofen, asam mefonamat juga termaksud dalam obat golongan OAINS. Obat ini bersifat asam, sehingga harus mengosumsinya setelah makan. Untuk Anda yang memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengosumsinya, sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Asam mefonamat merupakan obat yang dapat digunakan dalam waktu jangka pendek,yaitu sekitar kurang dari 7 hari, dalam meredakan nyeri yang bersifat ringan hingga sedang.

3. Naproxen

Naproxen merupakan salah satu obat nyeri haid yang sangat baik dalam meredahkan gejala nyeri. Obat ini juga termaksud dalam golongan OAINS, sehingga mudah untuk didapatkan di apotek. Disarankan untuk Anda yang mengosumsi obat ini untuk mengosumsinya dengan dosis terkecil. Jika Anda memiliki masalah terutama Asma, sangat tidak disarankan untuk mengosumsi obat ini.

4. Aspirin

Aspirin juga dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri haid. Tetapi obat ini tidak dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dibawah usia 16 tahun. Obat ini sama seperti naproxen, sehingga tidak dapat dikonsumsi untuk Anda yang memiliki riwayat asma dan gangguan pada lambung, ginjal, serta hati.

5. Paracetamol

Berbeda dengan keempat jenis obat yang telah disebutkan, paracetamol tidak termaksud dalam obat golongan OAINS. Jadi jika Anda mempunyai alergi terhadap obat-obatan golongan tersebut, paracetamol dapat digunakan menjadi salah satu obat alternatif penggantinya. Obat tidak hanya dapat digunakan untuk meredakan demam, tetapi juga dapat membantu meredakan rasa sakit haid tinggat tingan hingga sedang.

Jika Anda termasuk yang sering merasakan nyeri haid, mengosumsi paracetamol satu hari sebelum menstruasi datang dan dilanjutkan selama 2-3 hari kemudian, dengan begitu dapat membantu mengontrol rasa sakit yang diberikan pada saat menstruasi.

Anda juga dapat mengompres pada bagian perut dan punggung bawah dengan handuk serta air hangat atau mandi dengan menggunakan air hangat untuk membuat nyeri lebih cepat reda. Anda juga disarankan untuk lebih banyak istirahat serta tidak banyak mengosumsi garam, kafein, dan alkohol. Anda juga dapat memijat pada area punggung atau perut yang dipercaya efektif dalam meredakan nyeri haid.