Makanan Yang Dapat Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat

Hidup Sehat – Untuk penderita asam urat mengosumsi makanan yang salah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas harian. Asam urat terjadi karena kegagalan proses penguraian zat purin dalam tubuh, sehingga akumulasi jumlah asam urat dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah sayuran yang dapat dikonsumsi seperti kentang atau sayuran hijau lain.

Bagi penderita asam urat yang sering merasakan nyeri pada persendian, itu dikarenakan akumulasi asam urat yang membentuk kristal tajam natrium urat berukuran mikro. Selain menjalani proses pengobatan medis atau alami, Anda juga harus menjaga asupan makan dengan bijak.

Serangan asam urat dapat terjadi secara mendadak dalam semalam bahkan dapat berlanjut hingga 10 hari. Dengan diet atau mengatur pola makan dengan benar dapat mempengaruhi hal tersebut. Ada beberapa makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi sehingga dapat memicu serangan asam urat:

  • Jeroan binatang,
  • Daging merah,
  • Ikan,
  • Makanan laut,
  • Alkohol,
  • Minuman yang mengandung penamis tambahan.

Untuk jenis makanan di atas adalah makanan alami yang mengandung putin dengan level tinggi. Sedangkan minuman yang mengandung pemanis tambahan tidak memiliki kadar purin melainkan kandungan fruktosa yang dapat menyebabkan level asam urat di dalam darah meningkat.

Anda yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya menghindari konsumsi makanan di atas secara berlebihan. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat:

1. Kentang

Kentang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dikarenakan kentang memiliki kadar purin yang sangat rendah. Tidak hanya itu, kentang juga tidak memiliki kandungan lemak, sodium, dan kolesterol. Jika dibandingkan dengan buah pisang, kandungan potasium dalam kentang juga lebih tinggi.

Kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup segnifikan sehingga sangat baik dalam memelihara sistem pencernaan serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Sayuran hijau

Sudah tidak dapat dibantah lagai bahwa sayuran hijau merupakan makanan yang tinggi akan kandungan serat, folat dan karoten yang baik untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C serta vitamin K dan dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

3. Terong

Terong yang memiliki kandungan purin yang sangat rendah dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Bahkan, kandungan purin tersebut bersifat alkaline yang berlawanan dengan acidic, sehingga mengosumsi sayur terong dapat membantu menetralisir asam urat dalam darah.

4. Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang mudah utuk diolah dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Tomat juga dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan tomat mengandung antioksidan likopen yang dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung serta kanker. Bahkan, tomat juga sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C,vitamin K, potasium, dan folat.

5. Jeruk

Selain sayur yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat, buah jeruk juga baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun akan terbangun secara sehat. Sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol tekanan darah.

6. Cherry

Buah cherry sering dijadikan sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat. Berdasarkan penelitian, buah cerry dengan kandungan anthocyanin sangat baik dalam menurunkan asam urat. Kandungan ini juga menyumbang warna merah gelap pada buah cerry.

Selain mengontrol pola makan yang teratur, perubahan gaya hidup juga harus dilakukan oleh Anda yang mengalami asam urat. Seperti rutin melakukan pengecekan ke dokter, aktif bergarak, memastikan bahwa tubuh terhidrasi, sampai membatasi asupan alkohol.

Masih banyak jenis makanan yang baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan asam urat yang Anda keluhkan sehingga dapat diatasi.