Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Oregano

Hidup Sehat – Minyak oregano merupakan sulingan olehan daun dan tunas tanaman oregano yang sudah dikeringkan. Sejak dulu, Origanum vulgare sering digunakan sebagai rempah dalam menambah cita rasa pada makanan. Di dalam minyak oregano, memiliki beragam kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Substansi yang terdapat dalam minyak oregano seperti carvacol sangat baik dalam mencegah pertumbuhan bakteri jahat, thymol memiliki sifat anti-jamur alami, serta rosmarinic acid merupakan antioksidan yang menangkal kerusakan sel yang diakibatkan oleh zat radikal bebas.

Berikut ini manfaat yang dihasilkan oleh minyak oregano untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai antibiotik alami

Kandungan carvacrol yang terdapat dalam minyak oregano membantu melawan bakteri penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus. Dalam uji hewan yang dilakukan pada laboratorium, tikus yang diberikan minyak aregano selama 30 hari dapat bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan perlakukan serupa sebesar 50%.

Bahkan, penelitian lain mengatakan bahwa minyak oregano dapat melawan bakteri yang resisten terhadap antibiotik, seperti E.coli dan Pseudomonas aeruginosa yang menjadi penyebab infeksi pada saluran kemih dan infeksi saluran pernapasan.

2. Antioksidan

Bedasarkan sebuah studi yang melakukan perbandingan 39 rempah-rempah, mengatakan bahwa oregano memiliki kandungan konsentrasi antioksidan paling tinggi. Bahkan, kandungan antioksidan yang terdapat dalam oregano dapat mencapai 3-10 kali lebih tinggi ketimbang thyme dan marjoram.

Saat dibandingkan dengan buah, oregano memiliki tingkat antioksidan sekitar 42 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel dan 4 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah bluebarry. Hal tersebut terjadi karena kandungan rosmarinic acid yang terdapat dalam oregano.

3. Pereda nyeri

Minyak oregano juga dapat membantu meredakan nyeri, hal ini dikarenakan kandungan carvacrol yang dimilikinya. Manfaat minyak oregano juga suda diperoleh dari uji laboratorium terhadap tikus. Semakin banyak mengosumsi minyak oregano, maka semakin rendah rasa nyeri yang dirasakan.

4. Mengatasi infeksi jamur

Tidak hanya bakteri, minyak oregano juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur yang diakibatkan oleh Candida. Berdasarkan penelitian, minyak oregano diketahui sangat baik dalam melawan 5 jenis Candida yang berbeda, seperti infeksi pada mulut dan vagina.

5. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 48 orang partisipan yang menjalani diet dengan mengosumsi 25 ml minyak oregano setelah makan. Setelah dilakukan selama 3 bulan, mereka yang rutin mengosumsi minyak oregano memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah serta kadar kolesterol baik yang lebih tinggi.

Kandungan carvacrol dan thymol yang terdapat dalam minyak oregano terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi secara rutin atau berkala.

6. Baik untuk sistem pencernaan

Berdasarkan sebuah penelitian yang menggunakan minyak oregano terhadap 14 orang yang mengalami masalah pada pencernaan yang diakibatkan oleh parasait, diketahui 77% dari mereka mengalami kesembuhan total. Hal tersebut terjadi setelah partisipan mengosumsi sekitar 600 mg minyak oregano selama 2 bulan.