Mengulik Manfaat Ampela Ayam Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Untuk Anda yang menyukai jeroan, ampela ayam merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak dinikmati dalam bentuk olahan apa pun, mulai dari goreng, gulai, balado, atau bakar. Walaupun sering dihubungkan dengan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, ampela ayam ternyata memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Ampela merupakan bagian dari sistem pencernaan yang dimiliki ayam untuk menggiling makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga mudah untuk dicerna. Jika Anda pernah melihat ayam mematuki kerikil atau batu kecil itulah yang tersimpan dalam ampela.

Ampela yang memiliki bentuk agak oval dan kecil memiliki tekstur yang kenyal saat Anda mengigitnya. Organ dalam ayam ini sering dijual bersamaan dengan hati yang dikenal dengan jeroan ati-ampela.

Jeroan sudah dikenal sebagai makanan yang enak, tetapi jahat dikarenakan dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, stigma tersebut tidak dapat dilekatkan untuk ampela ayam, hal tersebut karena ampela ayam kaya akan kandungan nutrisi, terutama protein serta rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Berikut ini manfaat yang diberikan ampela ayam untuk kesehatan:

  • Berpotensi mencegah kanker

Kandungan selenium yang terdapat pada ampela ayam dapat meningkatkan kinerja hormon tiroid yang ada dalam tubuh, sehingga mampu melawan efek buruk dari serangan radikal bebas.

Kandungan ini memiliki potensi dalam melindungi Anda dari beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, serta kanker kulit, walaupun demikian klaim ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

  • Menurunkan berat badan

Untuk Anda yang menginginkan makan enak sambil melakukan program penurunan berat badan, Anda dapat mengosumsi ampela ayam.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, mengosumsi makanan yang tinggi protein dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan sekaligus mencegah Anda dari obesitas dan penumpukan lemak di dalam perut.

  • Menyehatkan pencernaan dan otak

Ampela ayam juga memiliki kandungan vitamin B-12 yang sangat baik dalam meningkatkan kinerja otak sekaligus meningkatkan produksi sel darah merah. Defisiensi vitamin B-12 ini dapat menimbulkan anemia atau kelainan gastrointestinal yang menyebabkan terjadinya masalah pada ingatan, demensia, dan lelah yang berlebihan.

  • Mencegah lelah

Jika Anda sering merasa lelah, sakit kepala, sulit fokus, ataupun irama jantung yang tidak beraturan, mungkin Anda sedang mengalami defisiensi zat besi. Jika hal tersebut terjadi, sebelum Anda mengosumsi obat atau suplemen penambah darah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengosumsi ampela ayam terlebih dahulu.

Dalam 100 gram ample ayam memiliki kandungan sekitar 2,49 miligram zat besi atau setara dengan 14 persen asupan harian Anda. Kandungan zat besi akan membuat sel yang ada di dalam tubuh kembali bekerja dengan normal, meningkatkan fungsi imunitas, dan membantu melancarkan sistem peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Walaupun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ampela ayam tidak dapat dikonsumsi secara berlabihan, apabila Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Sama seperti organ dalam hewan lainnya, ampela memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, walaupun kadarnya tidak sebanyak pada organ bagian hati dan usus.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengatakan bahwa mengosumsi ampela atau makanan dengan kandungan lemak jenuh lainnya harus kurang dari 10% jumlah asupan kalori harian yang Anda konsumsi. Sedangkan jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, maka ampela tidak dapat dikonsumsi lebih dari 5% dari jumlah asupan kalori per hari.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa organ binatang, termaksud ampela ayam, memiliki kandungan purin yang dapat meningkatkan level asam urat. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki keluhan diatas, sebaiknya Anda tidak mengosumsi ampela atau menguranginya.