Kapalan? Ini Cara Menghilangkannya

Hidup Sehat – Semua orang sudah familiar dengan benjolan kulit yang mengeras pada bagian kaki yang sering disebut kapalan. Kondisi ini tidak memberikan rasa sakit dan tidak berbahaya, namun benjolan kulit yang mengeras tersebut cukup mengganggu penampilan.

Kapalan merupakan respons dari kulit yang melindungi dirinya dari gesekan serta tekanan yang terjadi berulang-ulang.

Cara menghilangkan kepalan tidaklah susah, dikarenakan kapalan dapat hilang dengan sendirinya jika Anda tidak sering menimbulkan gesekan serta tekanan pada kulit, seperti sepatu hal, dan sebagainya.

Anda juga tidak membutuhkan dokter untuk menghilangkan kepalan pada bagian kulit Anda. Tetapi pada kasus tertentu, kapalan dapat menimbulkan infeksi bakteri atau terasa sakit pada kulit Anda. Jika Anda memiliki kapalan yang menimbulkan kebengkakan dan terasa sakit, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter.

Berikut ini dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kapalan tanpa menggunakan obat-obatan:

1. Batu apung dan alat penggosok kulit mati

Batu apung dan alat penggosok kulit mati dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kapalan pada kulit. Cara penggunakannya sangat udah dengan merendamkan kulit yang mengalami kapalan dengan air hangat selama 5-10 menit, kemudian Anda dapat menggunakan batu apung yang digosok pada bagian kapalan untuk menghilangkan sel kulit mati. Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa menghilangkan kapalan.

2. Bantalan pelindung kaki dan ganjalan kaki

Bantalan pelindung kaki dan ganjalan kaki bisa membantu Anda mengurangi gesekan atau tekanan yang terjadi pada kulit serta mencegah terjadinya kapalan. Bantalan pelindung kaki serta ganjalan kaki dapat ditemui di toko sepatu atau supermarket.

3. Garam Epsom

Garam epsom juga dapat Anda gunakan untuk membantu proses pengelupasan kapalan serta membantu menghaluskan kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dengan mencampurkan garam epsom sebanyak 2-3 sendok makan ke dalam satu baskom air hangat.

Setelah Anda mencampurkan air dengan garam, rendamkan kulit yang memiliki kapalan selama 10 menit. Penggunakan garam epsom bisa dikombinasikan dengan penggunakan batu apung untuk menggosok kulit mati yang menjadi pemicu kapalan.

4. Air hangat

Merendamkan kulit yang mengalami kapalan dalam air hangat merupakan salah satu cara yang dapat Anda coba lakukan pertama kali untuk menghilangkan kapalan. Dengan cara rendam kulit yang mengalami kapalan selama 20 menit dengan air hangat, setelah itu Anda dapat mengeringkannya.

Setelah kering, gosokkan jari anda pada bagian yang mengalami kapalan secara perlahan sampai lapisan yang mengeras terkelupas. Tetapi cara ini bukanlah proses yang singkat dan cukup memerlukan waktu.

5. Jus lemon dan soda kue

Anda juga dapat menghilangkan kapalan dengan jus lemon dan soda kue. Caranya campurkan 2-3 sendok makan jus lemon ke dalam air hangat sebelum merendam kulit yang mengalami kapalan selama beberapa menit.

Setelah Anda lakukan rendaman, campurkan soda kue ke dalam campuran air hangat dengan jus lemon. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk mengelupaskan kapalan pada kulit anda.