Manfaat Kacang Tolo Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Pernahkah Anda mengosumsi kacang tolo (cowpea)? Walaupun tidak sepopuler kacang merah, kacang tanah, serta kacang polong, tetapi kacang ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kacang tolo pada dasarnya memiliki ukuran kecil serta berwarna pucat dan memiliki bintik hitam, coklat ataupun merah. Kacang ini juga memiliki rasa yang lezat sehingga sering digunakan sebagai tambahan dalam berbagai masakan.

Kacang tolo memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Bahkan kacang ini juga menjadi sumber yang baik untuk beberapa mikronutrien penting, seperti folat, tembaga, tiamin, serta zat besi.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 170 gram kacang tolo yang sudah dimasak:

  • 194 kalori
  • 13 gram protein
  • 11 gram serat
  • 35 gram karbohidrat
  • 0.9 gram lemak
  • 88% kebutuhan harian folat
  • 55% kebutuhan harian tembaga
  • 23% kebutuhan harian zat besi
  • 28% kebutuhan harian tiamin
  • 21% kebutuhan harian magnesium
  • 21% kebutuhan harian fosfor
  • 20% kebutuhan harian zinc
  • 10% kebutuhan harian kalium
  • 8% kebutuhan harian selenium
  • 7% kebutuhan harian riboflavin
  • 10% kebutuhan harian vitamin B6

Selain dari kandungan nutrisi diatas, kacang tolo juga diperkaya akan polifenol dimana senyawa ini berperan sebagai antioksidan Senyawa antioksidan akan sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh Anda.

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang tolo, tidak heran kacang ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengosumsi kacang tolo:

1. Mendorong penurunan berat badan

Kandungan protein serta serat dalam kacang tolo dapat membantu penurunan berat badan. Kandungan protein sudah terbukti dapat mengurangi kadar ghrelin, yaitu hormon yang merangsang rasa lapar dalam tubuh.

Sedangkan, kandungan serat larut yang terdapat dalam kacang tolo dapat membantu Anda merasa kenyang di antara waktu makan. Berdasarkan dari 21 studi menyimpulkan bahwa menambahkan kacang-kacangan, termaksud kacang tolo, ke dalam menu diet sangat efektif sebagai salah satu stratefi dalam penurunan berat badan serta membantu mengurangi persentase lemak dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang tolo sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubu. Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa mengosumsi banyak asupan serat larut dapat meningkatkan keteraturan serta frekuensi BAB untuk orang yang mengalami sembelit. Bahkan penelitian lain juga menemukan bahwa serat bisa membantu mencegah gangguan sistem pencernaan, yaitu kenaikan asam lambung, wasir, serta tukak lambung.

Serat larut yang terdapat dalam kacang tolo juga bertindak sebagai prebiotik, dimana prebiotik dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik dalam usus dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, yang sudah terbukti dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengosumsi kacang tolo sebagai salah satu makanan dalam diet seimbang menjadi cara yang baik dalam menjaga jantung tetapi sehat dan kuat. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam 10 penelitian menyimpulkan bahwa mengosumsi kacang-kacangan secara teratur dapat membantu mengontrol kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Dimana kedua kadar kolesterol tersebut dapat meningkatkan penyakit jantung.

4. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kacang tolo dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga membuat Anda terhindar dari stres oksidatif. Stres oksidatif memiliki keterkaitan dengan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, stroke, diabetes, serta radang sendri yang dapat membahayakan jiwa.

5. Mengatasi masalah tidur

Kacang tolo memiliki kandungan triptofan yang bisa membantu tubuh untuk rileks serta meningkatkan pola tidur yang baik untuk kesehatan. Untuk Anda yang menderita insomnia atau gelisah saat mau tidur di malam hari, cobalah untuk mengosumsi salad kacang tolo untuk dapat membantu Anda tidur lebih nenyak dan bangun dengan perasaan yang lebih segar di pagi hari.

6. Mengendalikan diabetes

Kacang tolo juga memiliki sifat antidiabetes. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of The Food and Agriculture pada tahun 2018 mengatakan bahwa mengosumsi kacang tolo yang memiliki kadar kalori yang rendah sangat baik dalam membantu meningkatkan pengaturan kadar gula dalam darah untuk penderita diabetes.

7. Mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan zat besi dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti kelelahan, sakit perut, pusing, kebingungan, serta memburuknya fungsi metabolisme dalam tubuh. Dengan mengosumsi kacang tolo dipercaya dapat membantu Anda mengatasi anemia, hal itu dikarenakan kacang tolo memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.