Apa itu Rum? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Ada berbagai macam merek minuman alkohol yang dapat dijumpai di pasaran. Mulai dari alkohol terendah sampai tertinggi, seperti bir, arak, wine, whisky, vodka, sampai rum. Rum mungkin salah satu minuman beralkohol yang belum banyak didengar atau diketahui oleh sabagian orang.

Jadi, apa itu rum sebenarnya?

Rum merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari penyulingan sari tebu, atau yang dikenal dengan molase yang di fermentasikan. Rum memiliki kadar alkohol sekitar 40-60 persen.

Rum adalah salah satu minuman tradisional dari Karibia yang sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Saat ini, rum sudah diproduksi secara meluas dan dapat dikonsumsi oleh semua orang di seluruh dunia.

Tidak hanya dapat diminum secara langsung, rum juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan campuran dalam berbagai jenis minuman dan makanan, seperti koktail, es krim, kue, sampai minuman dan manakan manis lainnya.

Apa saja jenis-jenis rum?

Secara umum, rum terdiri dari berbagai macam jenis, tergantung dari cara pembuatannya, tetapi jenis rum yang sudah terkenal adalah jenis rum putih dan rum hitam (gelap).

Rum putih biasanya memiliki kadar alkohol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan rum hitam. Rum putih juga memiliki aroma, tekstur, serta cita rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan rum hitam.

Walaupun memiliki berbagai macam jenis, rum putih dan rum hitam digunakan sebagai salah satu bahan campuran dalam makanan atau minuman. Hal tersebut dikarenakan rum memiliki berbagai kandungan yang baik dalam kesehatan.

Dalam 100 gram rum memiliki kandungan:

  • 66,6 gram air
  • 231 kkal
  • 0,12 mg zat besi
  • 2 mg kalium
  • 1 mg natrium
  • 0,07 mg zinc
  • 0,02 mg mangan
  • 0,01 mg tiamin
  • 33,4 gram etil alkohol

Rum sama sekali tidak memiliki kandungan karbohidrat ataupun lemak. Sehingga energi yang dihasilkan berasal dari kandungan alkoholnya.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki rum, berikut ini manfaatnya untuk kesehatan:

1. Meringankan gejala flu

Rum memiliki manfaat untuk mencegah flu. Hal tersebut dikarenakan rum memiliki kandungan antimikroba yang dipercaya dapat memberikan efek panas pada tubuh, sehingga cairan dalam hidung yang menyumbat pernapasan bisa berkurang dan keluar melalui hidung.

2. Dapat berperan sebagai zat antiseptik

Rum juga dapat digunakan sebagai zat antiseptik untuk membersihkan luka pada kulit. Kandungan antimikroba dalam alkohol juga dapat membantu Anda mencegah pertumbuhan bakteri pada luka.

3. Mengurangi nyeri otot

Mengosumsi rum dalam jumlah yang wajar juga dapat membantu Anda mengurangi nyeri otot. Bahkan, rum juga baik digunakan sebagai pencegah risiko osteoporosis, hal itu dikarenakan rum dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

4. Menyehatkan jantung

Mengosumsi rum juga dapat menyehatkan jantung Anda, bahkan mengosumsi rum dalam jumlah yang tidak berlebihan bisa membantu mencegah penyumbatan arteri dalam tubuh Anda.

Rum juga berperan penting dalam membantu mengencerkan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung.

5. Mencegah risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia

Rum juga dapat mencegah risiko penyakit Alzheimer serta demensia, tetapi manfaat ini hanya didapatkan jika Anda mengosumsinya secara bijak, yaitu 1 ½ ons per harinya.

6. Memperpanjang usia

Rum juga memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya seperti memperpanjang usia. Mengosumsi rum dalam takaran yang dianjurkan dipercaya memiliki manfaat dalam meningkatkan rentang hidup 2-5 tahun lebih lama. Hal tersebut dihasilkan dari efek antiradang yang terdapat dalam rum.

Selain manfaat yang diatas, rum juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah radang sendi, mengurangi risiko batu empedu, mengendalikan gejala diabetes, serta menjaga kondisi mental.

Mengingat bahwa rum adalah salah satu jenis minuman yang mengandung alkohol, pastikan bahwa Anda mengosumsinya secara bijak. Apalagi Anda menggunakan rum dalam bahan campuran dalam mengelola makanan dan minuman.

Rum dapat membahayakan kesehatan Anda, jika Anda mengosumsinya secara belebihan sama dengan alkohol lainnya. Berikut ini risiko kesehatan yang dapat terjadi jika Anda mengosumsinya secara tidak wajar:

  • Mual serta muntah
  • Diare
  • Gangguan pencernaan
  • Dehidrasi
  • Kerusakan hati
  • Kerusakan pada sistem sarag pusat

Dengan mengenali rum, Anda dapat mencermati manfaat yang diberikan untuk kesehatan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk takaran yang tepat dan wajar saat mengosumsi rum sehingga baik untuk kondisi kesehatan Anda.