Manfaat Melimpah Buah Murbei Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Apakah Anda pernah mengosumsi buah murbei? Buah dengan bentuk yang menyerupai buah blackberry dan raspberry ini tidak termasuk dalam keluarga berry. Buah murbei mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan serta memiliki tekstur yang sangat mirip dengan blackberry.

Buah ini pada umumnya sering diolah menjadi selai, smoothies, kue pie, atau digunakan sebagai hiasan pada makanan pembuka, dan lain-lain. Buah murbei merupakan buah yang berasal dari tanaman Morus sp. yang masih satu keluarga dengan buah ara, buah sukun dan beringin.

Mengosumsi Buah murbei yang memiliki berbagai kandungan gizi dapat menyehatkan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari air, protein, gula, serat, karbohidrat, lemak, kalori, vitamin C, vitamin K1, vitamin E, zat besi, potasium, antosianin, sianidin, asam klorogenat, myricetin, antioksidan.

Berdasarkan kandungan yang terdapat dalam buah murbei, ada beberapa manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mempertajam penglihatan

Mengosumsi rutin buah murbei dapat membantu mempertajam penglihatan mata Anda. Hal tersebut dikarenakan buah murbei memiliki kandungan vitamin A yang tinggi untuk meningkatkan penlihatan serta meredakan ketegangan pada mata Anda.

Bahkan, kandungan vitamin A juga dapat melindungi mata dari radikal bebas yang menjadi penyebab turunnya penglihatan serta degenerasi retina.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Buah murbei juga tinggi akan kandungan zat besi, dimana kandungan ini sangat baik dalam meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga distribusi oksigen ke jaringan serta sistem organ menjadi lancar. Okesigen yang terdistribusi ke seluruh tubuh, akan membuat organ-organ tubuh berfungsi dengan optimal.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah murbei yang memiliki kandungan vitamin C digunakan sebagai senjata dalam melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh, sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti buah murbei. Segelas buah murbei atau setara dengan 150 gram dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Sama dengan buah dan sayuran lainnya, kandungan serat dalam buah murbei sangat baik dalam meningkatkan sistem penercanaan. Hal tersebut dikarenakan serat berfungsi untuk melunakkan tinja serta mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Memenuhi kandungan serat harian dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, serta kram perut.

5. Memiliki sifat antipenuaan

Kandungan antioksidan yang dimiliki buah murbei adalah salah satu agen antipenuaan yang dapat menjaga kulit bebas dari kerutan. Antioksidan yang terkandungan dalam buah ini, seperti beta-karoten, sangat baik dalam menetralkan radikal bebas yang merusak kulit Anda.

Bahkan, buah ini juga menyediakan vitamin A dan vitamin E yang dapat meminimalisir keriput pada bagian wajah Anda.

Kekurangan kandungan vitamin A dan E dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Dengan mengosumsi buah murbei yang kaya akan vitamin-vitamin tersebut sangat membantu Anda dalam menghaluskan kulit, hal tersebut dikarenakan buah ini bekerja melembapkan kulit Anda dari dalam. Tidak hanya buahnya, ekstrak akar buah murbei juga dapat membantu meredakan iritasi pada kulit Anda.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengosumsi buah murbei juga dapat membantu menyehatkan jantung Anda. Hal tersebut dikarenakan kandungan buah ini dapat mengurangi lemak yang berlebih serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga dapat mencegah penyumbatan dalam aliran darah. Dengan demikian risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.

8. Memperbaiki kondisi rambut

Buah murbei dipercaya dapat membantu produksi melanin pada rambut, sehingga Anda dapat mempertahankan warna alami rambut.

Mengosumsi buah murbei secara rutin dapat membantu kesehatan rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan buah murbei yang dihaluskan untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda.

9. Memperkuat tulang

Buah murbei juga memiliki kandungan magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, serta vitamin K yang sangat baik dalam membangun jaringan tulang Anda.

Bahkan, mengosumsi buah ini secara rutin dapat mempercepat proses penyembuhan tulang, mempertahankan tulang agar tetap kuat, serta mencegah kerusakan dari degradasi tulang sehingga dapat terhindar dari gangguan tulang dan osteoporosis.