Manfaat Membedong Bayi

Hidup Sehat – Anda pasti sudah sering melihat bayi yang baru lahir suka dibedong. Hal tersebut dilakukan selama beberapa bulan sejak bayi dilahirkan dan sudah menjadi kebiasaan. Tetapi, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa menbedong bayi tidak perlu dilakukan. Apakah membedong bayi diperlukan? Apakah membedong bayi memiliki manfaat?

Kebiasaan mayarakat Indonesia untuk membedong bayi sudah dilakukan turun-temurun, ternyata membedong bayi memiliki berbagai manfaat untuk sang bayi. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

1. Membuat bayi tidur lebih nyenyak

Berdasarkan AAP (American Academy of Pediatrics) membedong bayi dapat membuat sang buah hati tidur lebih nyenyak dan nyaman. Membedong bayu dengan benar juga dapat membantu menenangkan bayi.

2. Mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Berdasarkan AAP, membedong bayi bisa membantu mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) pada bayi yang baru lahir, tetapi hal ini memiliki catatan bahwa bayi harus ditempatkan pada posisi telentang menghadap ke atas. Membedong bayi dapat membuat bayi lebih sulit bergerak saat tidur, sehingga hal ini dapat melindungi dari hal-hal berbahaya yang bisa menyebabkan SIDS pada saat tidur.

3. Membantu bayi tidur lebih lama

Bayi yang mudah terbangun oleh suatu hal kecil yang mengganggu dapat mengagetkannya. Dengan cara membedong bayi tersebut, dapat mencegah hal kecil yang mengganggunya dan membuat tidur bayi lebih baik dan lama. Kebutuhan akan tidur yang terpenuhi dapat mendukung pertumbuhan serta perkembangan bayi.

4. Membantu menenangkan bayi

Membedong bayi akan membuat bayi terasa lebih hangat. Hal tersebut dapat mengingatkan mereka pada lingkungan saat di dalam rahim. Bayi yang dibedong juga biasanya jarang nangis. Jika bedong yang Anda lakukan terlalu ketat akan membuat bayi menangis, jika hal itu terjadi Anda dapat melonggarkan sedikit bedongan bayi Anda.

5. meningkatkan perkembangan neuromuskular

Membedong bayi dapat membatasi pergerakan tangan dan kaki, hal tersebut dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan motoriknya lebih baik untuk kedepannya.