Mengulik Manfaat Buah Lontar Yang Perlu Diketahui

Hidup Sehat – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah lontar yang banyak dijual oleh pedagang keliling. Pada dasarnya, buah lontar dikonsumsi dari biji buahnya yang menyerupai kolang-kaling.

Buah lontar dipercaya memiliki manfaat yang multifungsi, hal tersebut dikarenakan buah ini banyak memberikan keuntungan yang dapat dirasakan anggota tubuh mulai dari kulit hingga hati.

Perlu untuk diketahui bahwa pohon lontar sebenarnya dipercaya sebagai salah satu bahan yang sering digunakan dalam pengobatan alami dalam mencegah berbagai macam penyakit. Bahkan setiap bagiannya bisa dimanfaatkan dengan tujuan yang berbeda.

Akar mudahnya memiliki sifat diuretik, yang biasanya digunakan untuk memperlancar pembuangan urin dan antelmintik, yang memiliki kemampuan dalam membunuh cacing pada usus. Mengosumsi air rebusan akar mudah pohon lontar juga dipercaya dapat membantu Anda dalam mengobatai penyakit pernapasan.

Kulit pada kayu lontar dapat direbus dengan garam yang digunakan sebagai pembersih mulut alami. Arang yang terbuat dari pembakaran kulit kayu pohon lontar juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pasta gigi. Sedangkan daging lontar yang sudah tua dapat dibuat menjadi bubur untuk membantu meringankan kondisi dermatitis.

Untuk Anda yang belum pernah mengosumsi atau mendengar buah ini, ketahuilah bahwa buah lontar merupakan buah asli dari Asia Tenggara. Dikutip dari data KPI (komposisi pangan Indonesia) buah lontar memiliki kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Berikut ini manfaat yang diberikan buah lontar untuk kesehatan:

1. Menyehatkan kulit

Buah lontar sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit yang diakibatkan dari sinar matahari. Lapisan tipis dari kulit buah lontar dapat dioleskan ke kulit dapat memberikan efek menenangkan serta menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh biang keringat.

Mengosumsi buah lontar serta penggunaan kulit tipis yang melapisi daging buah dapat membantu mengobati gejala cacar air serta mempercepat proses penyembuhannya.

2. Menjaga kulit wajah dari peradangan

Peradangan pada kulit yang diakibatkan dari cuaca panas dapat diobati dengan masker yang terbuat dari buah lontar. Masker dari buah lontar dipercaya sangat baik dalam menjaga kulit dari peradangan, seperti biang keringat, bisul, serta wajah yang memerah.

3. Mengatasi masalah lambung

Terkadang, rasa terbakar yang muncul pada lambung saat cuaca panas menyerang akan sulit dihindari. Jika hal itu terjadi, mengosumsi buah lontar dapat membantu tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Hal tersebut dikarenakan buah lontar dapat memenuhi nutrisi yang hilang dalam tubuh.

4. Mencegah diabetes

Buah lontar sama sekali tidak memiliki kandungan gula, rasanya juga tidak terlalu manis, namun tetap menyegarkan. Hal itulah yang membuat buah ini disebut siwalan. Dengan indeks glikemik rendah, buah ini sangat baik untuk mencegah diabetes dan mengosumsi buah lontar tidak akan membuat kadar gula darah melonjak.

Meskipun demikian, bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengosumsi buah lontar dalam jumlah yang banyak.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Buah lontar yang tinggi akan kandungan fosfor, dimana kandungan ini sangat penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Kandungan fosfor akan membantu kinerja ginjal untuk menyaring kotoran sisa pembuangan pencernaan.

Fosfor juga dibutuhkan dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan serta sel dalam tubuh. Bahkan fosfor diperlukan dalam membantu menyeimbangkan serta menyerap semua vitamin yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.