Akibat Rasa Lelah Yang Lalai Diperhatikan

Hidup Sehat – Kelelahan saat pulang bekerja merupakan hal yang tidak dapat dihindari, sehingga Anda memerlukan cara yang baik untuk menghilangkan rasa lelah tersebut. Sering kali kita melupakan rasa lelah tersebut, dikarenakan kita sering berpikir bahwa rasa lelah itu akan hilang dengan sendirinya.

Kelelahan yang kita alami saat pulang bekerja atau beraktifitas tidak boleh dianggap sepele. Salah satu yang dapat terjadi dalam jangka panjang adalah Lifestyle Injury.

Hal ini terjadi karena postur tubuh yang tidak tepat saat melakukan aktivitas atau bekerja sehari-hari. Sehingga postur yang salah yang tidak sadar berulang dan lama-kelamaan akan menimbulkan cedera pada postur tubuh.

Kelelahan juga dapat disebabkan oleh keseharian kita yang jarang malakukan pergerakan. Sehingga bisa berdampak pada kesehatan secara fisik ataupun mental.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui dampak kelelahan yang dibiarkan serta bagaimana cara menghilangkan kelelahan yang tepat:

Penyebab dan dampak dari kelelahan untuk kesehatan fisik dan mental

Seiring bertambahnya usia, postur tubuh akan mengalami perubahan biomekanik pada anatominya. Contohny, duduk terlalu lama akan menyebabkan sakit pinggang dan membuat bahu jadi kaku. Sehingga tidak jarang Anda merasakan pusaing atau sakit pada bagian punggung setelah melakukan pekerjaan.

Dalam beberapa kasus yang ada, kelelahan yang dibiarkan dapat mempengaruhhi pada kesehatan fisik dan mental. Dampak fisik yang sering terjadi saat bekerja pada postur tubuh yang jarang diperhatikan:

Tiga jenis postur tubuh yang tidak ideal, yaitu:

  • Scoliosis adalah postur tubuh dengan bentuk tulang belakang seperti huhuf S
  • Kifosis adalah postur tubuh yang melengkung ke depan
  • Lordosis adalah postur tubuh yang membengkok ke belakang

Kasus perubahan pada postur tubuh yang tidak ideal sering dijumpai pada kalangan orang dewasa, terutama di era digital. Teknologi dapat mengubah seseorang menjadi lebih pasif, sehingga dapat membuat fostur tubuh menjadi tidak sehat.

Jika seseorang jarang melakukan pergerakan, dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat tubuh tidak nyawan. Saat tubuh mulai kelelahan, maka suplai darah ke otak mengalami penurunan, karena otot-otot menjadi tidak rileks, tegang dan kaku.

Saat tubuh mengalami penurunan fungsi terhadap gerak, hal ini disebut dengan sparme. Jika hal ini tidak segera diatasi, dapat berakibat kronis, sehingga dapat menimbulkan saraf pada tulang belakang terjepit, dari leher sampai pinggang.

Sementara itu, secara mental, rasa lelah yang dibiarkan dapat memicu stres yang dapat mengakibatkan Anda tidak siap untuk melakukan pekerjaan dibesok harinya.

Kelelahan yang sering terjadi setelah bekerja ditandai dengan kurangnya fokus, sering pusing, dan insomnia. Jika gejala ini tidak ditangani maka konsentrasi ke esok harinya akan berkurang.

Menghilangkan kelelahan dengan berendam air hangat

Setelah melakukan aktivitas harian, badan akan mengalami rasa lelah. Dengan begitu Anda memerlukan cara untuk menghilangkan rasa lelah tersebut, banyak cara yang dapati dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah mulai dari relaksasi, pijat, dan cara yang paling mudah adalah dengan berendam dengan menggunakan air hangat.

Jika Anda hendal berendam air panas jangan lupa untuk mencampurkan minyak esensial untuk mengembalikan mood serta menjaga keseimbangan hormon. Sensasi berendam air hangat dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres dan rasa lelah.