Manisnya Manfaat Raspberry Untuk Kesehatan Tubuh

Raspberry merupakan salah satu buah yang berasal dari family beri-berian. Buah raspberry memiliki rasa yang manis dan menyegarkan dengan tekstur yang lembut. Walau mempunyai ukuran yang kecil, tetapi buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang biak untuk kesehatan tubuh.

Ada berbagai macam warna yang diberikan dari varietes raspberry mulai dari merah, ungu, hitam, kuning, dan emas. Berdasarkan warna yang ada, raspberry merahlah yang sangat populer jika dibandingkan dengan warna lainnya.

Kandungan buah raspberry terdiri dari berbagai vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh.kandungan tersebut adalah karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K , mangam, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, dan fosfor.

Buah raspberry juga memiliki sejumlah kecil vitamin A, vitamin B6, thiamin, ribolflavin, zinc dan kalsium. Dari berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini, maka tidak heran jika raspberry memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh.

Berikut ini manfaat raspberry untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Senyawa Antioksidan yang tinggi dalam buah raspberry yaitu vitamin C, quercetin, dan asam ellagic, adalah senyawa yang dapat membantu sel-sel tubuh untuk melawan stres oksidatif yang memiliki keterkaitan dengan risiko penyakit kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Sebuah penelitian yang ditinjau pada hewan menunjukkan bahwa buah raspberry dan ekstraknya mempunyai efek anti-peradangan dan antioksidan yang sangat baik mengurangi risiko penyakit kronis. Bahkan, asam ellagic yang terdapat dalam buah raspberry dapat memperbaiki DNA yang rusak dalam tubuh.

2. Mendorong kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam raspberry baik dalam membantu mencegah penyakit sembelit, membantu menurunkan berat badan, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam raspberry juga dapat meningkatkan pergerakan usus yang sangat penting untuk membuang racun setiap harinya.

3. Memiliki sifat antikanker

Senyawa antioksidan yang tinggi dalam raspberry dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian terhadap tabung reaksi, ekstrak raspberry merah terbukti dapat membunuh sampai 90% sel kanker usus besar, payudara, dan lambung.

Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahwa esktrak raspberry merah dapat mencegah pertumbuhan kanker hati terhadap tikus. Risiko akan perkembangan tumor juga menurun dengan dosis yang lebih besar. Akan tetapi, masih harus dilakukan penelitian terhadap manusia.

4. Menjaga kesehatan otak

Senyawa antioksidan dalam raspberry memiliki kontribusi terhadap kesehatan otak. Bahkan, vitamin C dan E yang terdapat didalam buah ini juga dapat membantu melindungi kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengingat informasi seiring bertambahnya usia.

5. Meredakan gejala radang sandi

Sifat anti-peradangan yang terdapat dalam buah raspberry sangat membantu mengurangi gejala radang sendir. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus yang diberikan ekstrak raspberry menunjukkan terhadap pembengkakan dan kerusakan sendi menjadi lebih sedikit. Raspberry juga dipercaya mampu memblokir enzim COX-2 yang bertanggung jawab sebagai penyebab peradangan dan rasa nyeri.

6. Melindungi mata

Raspberry juga memiliki kandungan senyawa antioksidan zeaxanthin yang sangat baik dalam menyaring sinar blue light yang berbahaya terhadap mata. Bahkan, senyawa antioksidan tersebut dapat memainkan peran dalam melindungi mata dari masalah seperti degenerasi makula terkait dengan usia yang dapat menyebabkan masalah penglihatan pada orang tua.

7. Melawan penuaan

Kekuatan senyawa antioksidan dalam buah raspberry sangat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dimana kandungan ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, dan memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu terhadap tikus tua dengan diberikan asupan raspberry menunjukkan peningkatan fungsi motorik.

Walaupun memiliki manfaat yang baik, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk manusia. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba mengonsumsi buah ini untuk kesehatan tubuh.