Apakah Boleh Mengonsumsi Es Krim Saat Radang Tenggorokan?

Hidup Sehat – Apakah Anda sedang mengalami radang tenggorokan dengan memiliki keinginan untuk mengonsumsi es krim? Ternyata, mengonsumsi es krim pada saat radang tenggorokan diperbolehkan. Tetapi tidak semua es krim diperbolehkan.

Sebelum Anda mengetahui lebih dalam soal efek yang diberikan setelah mengonsumsi es krim saat radang tenggorokan, ada baiknya Anda mengetahui dulu makanan apa saja yang dapat mengiritasi tenggorokan lebih parah atau yang sulit untuk ditelan. Berikut ini makanannya:

  • Biskuit
  • Roti kering
  • Makanan pedas
  • Soda
  • Kopi
  • Minumam beralkohol
  • Makanan ringan, contoh keripik atau popcorn
  • Sayuran mentah
  • Buah yang asam, contoh jeruk, lemon, atau jeruk nipis

Terlalu sering mengeluarkan dahak dari tenggorokan juga dapat memperburuk radang tenggorokan yang Anda alami. Oleh sebab itu, untuk sebagian orang yang mengalami peningkatan jumlah dahak dikarenakan mengonsumsi olahan susu, sehingga akan lebih baik jika Anda menghindari produk susu dan makanan olahan susu lainnya.

Aturan mengonsumsi es krim saat radang tenggorokan

Makanan dan minuman dingin termasuk es krim atau es loli ternyata disarankan untuk dikonsumsi pada saat radang tenggorokan, hal itu dikarenakan dapat meringankan sakit pada tenggorokan. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Prof. Ron Eccles pada tahun 2013 mengatakan bahwa, es loli dapat menurunkan temperatur pada ujung saraf yang terdapat dalam tenggorokan, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Anda dapat menjadikan Es krim sebagai makanan yang baik untuk meredakan nyeri, hal tersebut dapat membuat tenggorokan mati rasa dan meringankan nyeri saat radang tenggorokan datang untuk sementara. Es krim juga salah satu makanan yang tidak akan menyebabkan iritasi saat dikonsumsi oleh penderita tenggorokan.

Selain itu, es krim juga menjadi sumber kalori tambahan saat Anda mengalami kesulitan untuk mengonsumsi sumber protein dari makanan yang lain. Jika Anda memiliki intoleransi atau alergi dengan makanan susu, jenis es krim yang tidak mengandung susu seperti sorbet atau es loli menjadi pilihan, hal itu dikarenakan dapat memberikan efek yang sama.

Ada jenis es krim yang perlu dihindari

Lebih baik memilih jenis es krim uang tidak mengandung kacang, potongan biskuit, atau tambahan lainnya yang dapat menyulitkan Anda untuk menelannya atau mengiritasi tenggorokan. Es krim yang terlalu manis karena kandungan karemel juga bisa membuat keadaan radang tenggorokan lebih buruk.

Mengonsumsi es krim saar radang tenggorokan juga merupakan pilihan yang baik dalam mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Tetapi, sebaiknya Anda memilih es krim yang tidak memiliki tambahan kacang atau terlalu manis.

Makanan lain apa yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri saat radang tenggorokan?

Mengonsumsi es krim pada saat radang tenggorokan memang baik untuk meringankan nyeri, tetapi makanan dan minuman hangat juga dapat memberikan efek yang sama.

Bahkan, makanan yang lembut dan mudah untuk ditelan biasanya aman untuk dikonsumsi saat Anda mengalami radang tenggorokan. Makanan dengan tekstur yang lembut bisa membatasi iritasi yang terjadi saat Anda menelan makanan tersebut.

Beberapa jenis makanan yang mungkin bisa Anda jadikan pilihan saat radang tenggorokan:

  • Sereal seperti oatmeal yang dimasak dengan air hangat
  • Puding atau agar-agar
  • Yoghurt tawar atau dicampur dengan buah-buahan
  • Sayuran yang sudah di masak
  • Smoothies buah atau sayur
  • Jus buah yang tidak asam, seperti apel atau alpukat

Mengonsumsi beberapa makanan diatas dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian tanpa menyebabkan iritasi pada tenggorokan Anda.

Memang ada beberapa makanan yang harus Anda hindari saat mengalami radang tenggorokan, bukan berarti Anda tidak memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Banyak jenis makanan yang memiliki tekstur lembut dan tidak mengandung asam tetapi memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang Anda perlukan. Tetapi sekali lagi, mengonsumsi es krim pada saat Anda mengalami radang tenggorokan diperbolehkan.