Gerakan Senam Stroke Yang Mudah Untuk Dilakukan

Hidup Sehat – Dapat dikatakan bahwa hampir seluruh penderita stroke mengalami setidaknya beberapa dampak fisik pada tubuh mereka. Dampak yang ditumbulkan dapat berbentu gangguan pada saraf motorik dan sensorik, dimana dampak ini secara signifikan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berjalan, bekerja, atau bahkan aktivitas yang dilakukan sehari-hari, seperti mencuci, berpakaian, hingga bangun dari tempat tidur.

Anda tidak harus khawatir, dikarenakan dampak-dampak tersebut dapat di minimalisir dengan melakukan rehabilitasi pascastroke, seperti melakukan beberapa gerakan senam stroke secara rutin.

Melakukan senam ini juga akan meningkatkan kebugaran sistem kardiovaskuler, kemampuan berjalan, kekuatan lengan atas, serta meningkatkan fungsi kognitif, memori otak, sampai kualitas hidup setelah stroke.

Meskipun hasilnya tidak dapat Anda rasakan secara cepat, manfaat melakukan olahraga ini cukup signifikan untuk kualitas hidup penderita stroke.

Berikit ini beberapa gerakan senam stroke yang dapat Anda lakukan di rumah atau dengan bantuan terapis:

1. Peregangan

Pada saat Anda terserang stroke maka otot pada tubuh akan lebih sering menjadi tegang. Melakukan peregangan atau latihan fleksibilitas secara teratur akan sangat membantu Anda mencegah kontaktur sendi dan pemendekan otot. Sewaktu-waktu peregangan secara manual tidak cukup untuk dilakukan dan mungkin pasien stroke membutuhkan alat bantu untuk membantu meregangkan sendi dan otot yang tegang.

Bahkan, fleksibilitas juga harus ditingkatkan melalui gerakan-gerakan lain, seperti yoga, pilates, atau tai chi, tetapi penting untuk pasien penderita stroke untuk memilih instruktur yang berpengalaman dalam masalah disabilitas atau mobilitas hal tersebut dikarenakan alasan keamanan.

2. Duduk dan berdiri

Gerakan bagun dari posisi duduk ini sangat baik untuk dilakukan, karena dapat memperkuat otot-otot kaki Anda. Dalam melakukan gerakan ini, sebaiknya Anda memastikan bawa permukaan yang ditempati kuat dan stabil, baik dari kursinya ataupun tempat tidur.

Gerakan ini dapat Anda mulai dengan duduk secara tegak serta jaga jarak kaki kanan dengan kaki kiri sebelar pinggul Anda. Lalu berdirikan dan angkat pinggul Anda sepenuhnya hingga lutut menjadi lurus. Dari posisi berdiri, Anda dapat perlahan duduk kembali ke kursi dan lakukan latihan ini sebanyak 15-20 kali secara rutin setiap harinya.

3. Memindahkan fokus berat badan

Gerakan senam store yang satu ini dapat digunakan untuk melatih keseimbangan serta kontrol tubuh. Pertama-tama duduklah dengan tegak di kursi lalu fokuskan berat badan Anda ke sebelah kiri dan kanan.

Pastikan bahwa sisi yang berat pada badan Anda fokuskan untuk memanjang, sementara sisi lainnya memendek. Ulangi latihan ini sebanyak 20-30 kali setiap harinya. Selain kursi, Anda dapat memilih permukaan yang lain untuk menjadikan gerakan ini lebih menantang seperti, seperti bola gym atau sofa.

4. Meremas kertas

Gerakan meremas kertas memiliki manfaat dalam melatih otot-otot bahu Anda serta juga melatih keterampilan motorik halus tangan Anda. Dalam melakukan latihan ini, Anda membutuhkan selembar kertas dam meja.

Lalu, remas-remas kertas tersebut dengan kedua tangan Anda. Ketika meremas kertas, pastikan Anda menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan, sebab jika Anda meremasnya dengan satu tangan tidak akan mempengaruhi bagian otot-otot Anda.

5. Menjangkau objek

Jika Anda mengalami kesulitan menjangkau suatu objek yang berada di depan Anda, latihan ini sangat baik dalam melatih otot-otot bahu, siku, dan pergelangan. Latihan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan kursi dan meja. Pertama-tama duduklah di kursi, lalu tempelkan tangan yang sakit pada meja.

Cobalah gerakkan tangan yang sakit tersebut, seperti Anda ingin menjangkau objek di depan kemudian tarik tangan Anda kembali. Pada akhir dari latihan ini, fokuskan untuk meluruskan siku dan menekuknya. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 20-30 kali atau sampai otot-otot lengan Anda merasa lelah.

Beberapa gerakan di atas dapat Anda lakukan untuk untuk membantu kondisi kesehatan Anda. Jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk melakukan gerakan di atas, sebaiknya Anda melakukan gerakan lainnya yang dapat membantu kondisi penyakit stroke Anda.

Sebelum melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang mengetahui riwayat penyakit Anda, sehingga dokter dapat menyarakan untuk gerakan senam stroke yang baik untuk Anda lakukan.