Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Kulit

Hidup Sehat – Minyak bunga matahari merupakan minyak yang terbuat dari lemak biji bunga matahari. Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, minyak bunga matahari juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaat yang diberikan dari minyak biji bunga matahri untuk kesehatan kulit?

Minyak yang terbuat dari ekstrak biji matahari ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut terdiri dari asam oleat, vitamin E, sesamol, asam linoleat.

Berdasarkan keempat kandungan yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari tersebut, minyak ini memiliki berbagai manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit Anda, yaitu:

1. Aman dan lembut untuk kulit

Minyak dari biji matahari ini memiliki sifat non-comedogenic, yang berarti minyak ini tidak akan membuat kulit rentan berkomedo. Hal tersebut karena sifatnya yang tidak akan menyebabkan iritasi kulit serta tidak menyumbat pori pada kulit.

Kandungan asam oleatnya membuat minyak biji bunga matahari ini mudah terserap oleh kulit, sehingga tidak akan menyumbat pori. Saat pori-pori kulit tidak tersumbat, maka risiko munculnya komedo pada kulit akan semakin rendah. Minyak biji bunga matahari juga dapat digunakan pada semua jenis kulit.

2. Mengandung antioksidan

Selain memiliki sifat non-comedogenic, minyak dari biji bunga matahari ini juga memiliki senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan dalam minyak biji bunga matahari ini berasal dari vitamin E. Dimana fungsi vitamin ini ialah untuk mengurangi bahaya dari radikal bebas yang disebabkan dari paparan sinar matahari.

Saat kulit mengalami kekurangan akan kandungan vitamin E serta terlalu sering terpapar oleh sinar matahari dapat mengakibatka kulit menjadi lebih cepat menua dan menyebabkan timbulnya keriput.

Oleh sebab itu, kandungan senyawa antioksidan dalam vitamin C pada minyak biji bunga matahari sangat baik dalam membantu Anda mengurangi penuaan yang terjadi pada kulit.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang berasal dari Brazil mengatakan bahwa antioksidan pada vitamin E dapat menetralisasi oksigen pada membran sel. Maka dari itu, sel-sel di dalam kulit akan menjadi lebih terlindungi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan vitamin E.

3. Menjaga lapisan perlindungan kulit

Tidak hanya dapat mencegah bahaya dari radikal bebas yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, minyak dari biji bunga matahari ini juga dapat menjaga lapisan perlindungan kulit.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Pediatric Dermatology, minyak dari biji bunga matahari ini cenderung lebih efektif untuk membuat kulit lebih lembap. Tidak hanya itu saja, minyak tersebut juga akan membantu menjaga keutuhan lapisan luar pada kulit.

Hal tersebut dikarenakan kandungan asam linoleat yang terdapat pada minyak biji bunga matahari ini membantu kulit untuk menjaga penghalang alami kulit.

Penghalang kulit tersebut memiliki tugas dalam mempertahankan kadar kelembapan kulit, sehingga sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kulit kering atau eksim.

4. Membantu menyembuhkan luka

Manfaat lainnya yang dihasilkan dari biji bunga matahari untuk kulit ialah membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, hal tersebut dikarenakan minyak ini memiliki kandungan asam oleat.

Pernyataan tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Immunobiology. Halsinya mengatakan bahwa sifat antiradang yang dihasilkan dari asam oleat sangat baik dalam mengurangi peradangan pada kulit, sehingga proses penyembuhan luka pada kulit semakin cepat.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia untuk melihat proses penyembuhan luka tersebut, sehingga masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya untuk manusia.

Minyak biji bunga matahari memang dapat digunakan dalam menjaga kesehatan kulit Anda, tetapi akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunaknya, hal tersebut dikarenakan khawatir dapat menimbulkan alergi pada jenis kulit tertentu.