Manfaat Mengonsumsi Kuaci Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Tahukah Anda tentang manfaat dari kuaci atau biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh? Biji bunga matahari adalah salah satu makanan ringan yang dapat membuat Anda ketagihan. Pasalnya selain dari ukurannya yang kecil, mengonsumsi kuaci yang sudah ditaburi dengan bumbu semakin membuat makanan ini menjadi nikmat.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang ada di dalam kuaci, jenis cemilan biji-bijian ini dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini berberapa manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi kuaci:

1. Membantu mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi kuaci dapat membantu mengontrol kerusakan sel dalan tubuh sehingga sangat baik dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kandungan selenium yang tinggi dalam kuaci merupakan musuh utama dari sel kanker. Kandungan selenium sudah terbukti dapat memicu perbaikan DNA dalam tubuh serta sintesis dalam sel yang rusak, bahkan kandungan ini juga baik dalam menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Berbagai kandungan mineral yang terdapat dalam kuaci sangat baik menjaga kesehatan tulang. Seperti kandungan kalsium, magnesium dan tembaga. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat dalam kuaci dapat membantu meredakan rasa nyeri rematik.

3. Sebagai obat penenang

Sejumlah penelitian telah mengatakan bahwa kandungan magnesium sangat baik dalam mengurangi penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sakit kepala sebelah (migran), dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kuaci memiliki kandungan magnesium yang berfungsi sebagai obat penenang, oleh karena itu Anda yang gemar mengonsumsi kuaci akan terhindari dari stres, igran, dan tetap rileks.

4. Menyehatkan kulit

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan vitamin E yang terdapat dalam kuaci sangat tinggi. Kandungan vitamin E dalam kuaci sangat membantu dalam menyehatkan serta menjaga kulit dari paparan sinar UV matahari, sehingga Anda akan terhindar dari penuaan dini dan keriput.

5. Antioksidan yang baik

Beberapa penyakit yang disebabkan dari peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi pada lambung, dan asma dapat diatasi dengan mengonsumsi kuaci. Hal tersebut dikarenakan kuaci atau biji bunga matahari merupakan makanan dengan sumber antioksidan yang baik.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi seperempat cangkir biji bunga matahari atau kuaci setiap hari dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung. Pasalnya kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E, dimana vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri. Sehingga sangat baik untuk menurunkan risiko kematian dini yang diakibatkan oleh penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin E juga dapat membantu menetralisir radikal bebas sehingga menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

7. Memelihara kadar homosisten

Kuaci atau biji bunga matahari memiliki kandungan folat yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme serta menjaga homosisten serta asam amino dalam tubuh supaya tetap berada dalam keadaan normal.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Kuaci memiliki senyawa pitosterol, dimana senyawa pada tumbuhan ini memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Saat disajikan untuk menu diet, jenis biji-bijian ini sangat baik dalam mengurangi kadar kolesterol, menambah respon imun, serta mampu menurunkan risiko kanker tertentu dalam tubuh.