5 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Ikan tongkol adalah salah satu pilihan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Ikan tongkol (Euthynnus affinis) masih memiliki kekerabatan dengan jenis ikan laut lainnya seperti ikan tuna dan ikan kembung. Oleh sebab itu, ikan tongkol memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan kedua jenis ikan tersebut.

Namun, tidak seperti ikan tuna yang memiliki harga yang dapat dikatakan mahal, ikan tongkol mungkin lebih banyak dikonsumsi, hal tersebut dikarenakan harganya yang lebih terjangkau. Tidak hanya harganya yang terbilang ekonomis, kandungan gizi yang terdapat dalam ikan tongkol sangat tinggi.

Kandungan gizi tersebut terdiri dari protein, lemak, selenium, kalium, zat besi, kalsium, zink, vitamin A, vitamin B, omega-3, natrium dan fosfor. Berdasarkan kandungan gizinya, berikut ini manfaat baiknya untuk kesehatan.

1. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Kandungan omega-3 yang cukup tinggi dalam ikan tongkol dapat membantu mencegah penyumbatan yang terjadi pada pembulu darah, sehingga membuat aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Saat aliran darah dalam tubuh lancar maka tekanan darah juga akan menjadi lebih stabil.

2. Memelihara fungsi dan kesehatan organ tubuh

Tingginya kandungan protein dalam ikan tongkol dapat membantu pembentukan sel dan jaringan baru, selain itu juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Kandungan protein dalam ikan tongkol juga berfungsi memelihara kesehatan organ tubuh, seperti mata, otak dan juga hati.

3. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin B12 yang terdapat pada ikan tongkol, jika digabungkan dengan kandungan protein dapat membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh. Jika sistem imun tubuh kuat maka Anda akan terhindar dari penyakit dan infeksi.

4. Menjaga kekuatan tulang

Tidak hanya kandungan protein yang tinggi, ikan tongkol juga tinggi akan kandungan vitamin D dan kalsium, dimana kedua kandungan nutrisi ini sangat baik dalam memperkuat dan menjaga kesehatan tulang Anda.

5. Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Mengonsumsi ikan tongkol secara rutin akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan protein serta omega-3 yang tinggi dalam ikan tongkol dapat membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah, serta mengatur tekanan darah tetap normal. Sehingga, fungsi dan kesahatan jantung Anda akan tetap terjaga dengan baik.

Walaupun kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ikan tongkol terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ikan tongkol merupakan ikan laut, dimana ikan laut memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi.