Mengulik Manfaat Kacang Pinto Khas Burrito

Hidup Sehat – Jika Anda mempelajari resep burrito yang berasal dari Meksiko, Anda akan melihat kacang pinto digunakan sebagai variasi isiannya. Kacang pinto tidak begitu familiar untuk orang Indonesia dan lebih umum dikonsumsi oleh masyarakat Amerika. Namun saat ini kacang pinto sudah banyak dijual secara online di Nusantara, sehingga tidak ada salahnya untuk Anda mengulik kandungan nutrisi serta manfaat kacang pinto untuk kesehatan.

Kacang pinto merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering ditemukan dalam masakan kuliner Meksiko. Kacang ini hanya memiliki satu variteas yang berasal dari tanaman Phaseolus vulgaris. Kacang pinto memiliki warna krem yang memilki corak bintik-bintik coklat kemerahan saat dikeringkan serta kacang ini memiliki aroma yang nutty dan dapat dimakan utuh atau dihaluskan terlebih dahulu.

Sebagai salah satu jenis kacang-kacangan, kacang pinto juga memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut terdiri dari serat, protein, karbohidrat, lemak, natrium, tiamin, zat besi, magnesium, fosfor, kalium.

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, berikut ini manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah kerusakan sel dalam tubuh

Sebagai salah satu jenis kacang-kacangan, kacang pinto memiliki berbagai macam molekul antioksidan. Molekul antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal serta menetralkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, jika molekul tidak stabil dapat memicu kerusakan sel dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seiring waktu.

Kelompok molekul antioksidan yang dimiliki kacang pinto terdiri dari kelompok flavonoid, kaempferol. Antioksidan yang termasuk dalam kelompok flavonoid dipercaya dapat menurunkan risiko kanker, peradangan, serta stroke.

2. Berpotensi dalam mengontrol gula darah

Jika Anda memiliki diabetes, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah dapat mengonsumsi kacang pinto. Hal tersebut dikarenakan, kacang pinto dilaporkan bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi kacang ini tidak akan memicu kenaikan gula darah berlebihan dalam tubuh, bahkan kacang ini memiliki indeks glikemik yang rendah.

Kandungan serat dan protein yang terdapat dalam kacang pinto merupakan kandungan yang dapat memperlambat pelepasan gula ke aliran darah.

3. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Jenis kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan serat, dimana kandungan serat sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Setiap 171 gram kacang pinto yang direbus sudah dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 40-60%.

Kandungan serat juga merupakan nutrisi yang memiliki peranan penting sebagi makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Mencukupi asupan serat harian memiliki potensi dalam menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan bahkan dapat menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kacang pinto juga merupakan salah satu makanan yang sangat ramah untuk jantung. Hal ini berdasarkan dari sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of the American Callege Nutrition, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi 86 gram kacang pinto setiap hari selama 8 minggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan juga mengendalikan kolesterol total. Dimana kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat menimbulkan risiko penyakit jantung.

Kacang pinto juga memiliki cara lain dalam menjaga kesehatan jantung yaitu dengan merangsang produksi propionat dalam tubuh. Propionat merupakan salah satu asam lemak rantai pendek yang dapat membantu mengendalikan kolesterol serta mengontrol tekanan darah. Nutrisi lain yang terdapat dalam kacang pinto, seperti kalium dan mangnesium juga memberi peranan dalam mengontrol tekanan darah.

5. Menurunkan berat badan

Kacang pinto yang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi dapat membantu Anda yang sedang melakukan diet. Hal tersebut dikarenakan protein dan serat akan membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan akan terkendali.

Mengosumsi kacang-kacangan secara umum memang dilaporkan dapat membantu menurunkan berat badan.