Tidak Hanya Lezat, Ini Berbagai Macam Manfaat Buah Blackberry

Hidup Sehat – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah blackberry. Salah satu jenis beri yang memiliki warna hitam ini mempunyai rasa yang lezat dan kaya akan kandungan nutrisi. Blackberry juga termasuk salah satu buah yang menjadi sumber serat, vitamin C, dan mangan yang sangat baik.

Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya menjadikan buah blackberry memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atuapun dioleh menjadi makanan dan minuman. Adapun kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah blackberry, yaitu protein, sodium, karbohidrat, serat, gula, vitamin A, vitamin C, vitamin K, mangan, kalium, magnesium, dan zat besi.

Dengan kandungan nutrisi yang ada, berikut ini manfaat buah blackberry untuk kesehatan:

1. Sumber vitamin C

Blackberry tinggi akan kandungan vitamin C yang dimana dapat memenuhi setengah dari nilai kebutuhan harian yang dianjurkan. Vitamin C yang terpenuhi dapat membantu Anda dalam penyembuhan luka, meregenerasi kulit, melawan radikal bebas, menyerap zat besi, meredakan flu, dan mencegah penyakit kudis.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi pembentukan zat penyebab kanker yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang sangat baik dalam mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab kanker.

2. Tinggi serat

Tidak mendapatkan asupan yang cukup akan serat berkaitan dengan masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, sakit perut, dan bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, kandungan serat yang tinggi yang dimiliki buah blackberry sangat baik dalam membantu buang air besar secara teratur, mengontrol kadar gula darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan berat badan dan menyediakan asupan untuk bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan pencernaan Anda terjaga.

3. Menguatkan tulang

Mengonsumsi buah blackberry yang tinggi akan kandungan vitamin K dapat membantu menguatkan tulang. Vitamin K digunakan tubuh sebagai penghasil protein bagi tulang yang sehat sehingga Anda dapat mencegah osteoporosis dan osteopenia. Sedangkan kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan penipisan dan patah tulang. Bahkan perlu Anda ketahui bahwa kandungan mangan yang terdapat dalam blackberry juga memiliki peranan penting dalam perkembangan tulang.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Berdasarkan tinjauan yang terdapat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, mengatakan bahwa mengonsumsi buah beri seperti blackberry dapat meningkatkan kesehatan otak dan membantu pencegahan akan hilangnya ingatan karena faktor usia.

Antioksidan yang terdapat dalam buah beri tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mengubah cara neuron otak berkomunikasi. Bahkan, blackberry juga dapat membantu mengurangi peradangan otak, dimana dapat menyebabkan masalah kognitif dan motorik.

5. Mendukung kesehatan mulut

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 mengatakan bahwa ekstrak blackberry mempunyai kemampuan antibakteri dan antiperadangan yang dapat bekerja terhadap beberapa jensi bakteri yang menyebabkan penyakit mulut. Bahkan, ekstrak buah blackberry juga dapat membantu mencegah serta mengendalikan penyakit yang terjadi pada gusi dan gigi berlubang.

6. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa antosianin dalam buah beri dari genus Rubus, termasuk blackberry dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol jahat sampai 50%. Hal ini mengakibatkan terjadinya pengurangan yang secara signifikan terhadap risiko aterosklerosis serta penyakit jantung.

Walaupun masih belum ada laporan terkait alergi yang terjadi terhadap buah ini, blackberrry memiliki kandungan alergen yang dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal, ruam, pilek, mata berair, sensasi kesemutan di wajah dan sebagainya. Akan tetapi, reaksi alergi yang terjadi sebagaian besar kasus hanya alergi ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya.