Kandungan Beras Merah Yang Tidak Boleh Disepelekan

Hidup Sehat – Kandungan yang terdapat dalam beras merah tidak boleh disepelekan. Beras merah yang sering digunakan sebagai salah satu makanan pengganti nasi putih, ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi serta antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam tubuh manusia.

Berbagai kandungan yang menyehatkan tubuh dari beras merah menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang mulai meninggalkan nasi putih. Apa saja keunggulan dari beras merah? Mari kenali berbagai kandungan yang terdapat dalam beras merah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika dibandingkan dengan nasi putih, kandungan beras merah mempunyaki lebih banyak serat dan protein. Bahkan tidak hanya itu saja, ada beberapa macam antioksidan flavonoid dalam beras merah yang dapat mencegah datangnya penyakit.

Untuk Anda yang masih ragu untuk mencoba beras merah, kenali terlebih dahulu kandungan beras merah ini sehingga Anda semakin yakin.

1. Zat besi

Mengonsumsi sekitar 200gram atau satu cangkir beras merah, dapat memenuhi 5,8% rekomendasi asupan harian zat besih. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa zat beri merupakan zat mineral yang penting dalam tubuh, terutama untuk memaksimalkan fungsi dari hemoglobin untuk mendistribusikan okesigen ke seluruh tubuh.

2. Kalsium

Kandungan beras merah berikutnya ialah kalsium. Sekitar 200 gram atau satu cangkir beras merah memiliki 1,5% rekomendasi asupan harian kalsium yang juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Selain itu jantung, otot, serta saraf juga membutuhkan kandungan kalsium, sehingga orgen tersebut dapat bekerja dengan baik.

3. Protein

Beras merah memiliki kandungan sekitar 4,6 gram protein dalam 200gram atau satu cangkir. Kandungan protein ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, sampai menjaga kestabilan cairan dalam tubuh.

4. Serat

Dalam 200gram beras merah, mempunyai kandungan serat sebesar 3,6 gram. Dimana kandungan serat dibutuhkan tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol, menjaga kestabilan gula darah, sampai membantu Anda dalam mencapai berat badan ideal.

5. Kalium

Kandungan kalium merupakan salah satu zat mineral terpenting dalam tubuh. Dalam setiap 200 gram beras merah terdapat sekitar 154 miligram kalium. Dimana zat kalium ini dapat membantu menjaga kestabilan cairan dalam tubuh, kontraksi otot, sampai sinyal saraf.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral kalium seperti beras merah, akan memberikan manfaat seperti membantu tekanan darah tetap normal, dan menurunkan risiko stroke

6. Lemak baik

Beras merah memiliki berbagai macam jenis lemak baik, seperti lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh dalam beras merah akan membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat. Sedangkan, lemak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, serta meredakan peradangan.

7. Antioksidan anthocyanins apigenin

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa beras merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak. Salah satunya ialah anthocyanins apigenin yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh, sampai mencegah diabetes.

8. Antioksidan myricetin

Antioksidan myricetin juga termasuk dalam daftar kandungan antioksidan yang ada dalam beras merah. Antioksidan ini dipercaya dapat mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.
Bahkan, antioksidan myricetin juga digadang-gadang mempunyai sifat antiinflamasi, yang dapat meredakan peradangan dalam tubuh. Lebih dari itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam beras merah ini juga dipercaya dapat memperkuat kesehatan tulang.

9. Antioksidan quercetin

Antioksidan quercetin juga terkandunga dalam beras berah. Banyak manfaat yang didapat dai antioksidan quercetin ini, mulai dari mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit otak, meredakan reaksi alergi yang mengganggu, mengurangi risiko penyakit jantung, sampai meredakan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan dr. Adhi Pasha Dwitama mengatakan bahwa kandungan beras merah yang sangat menyehatkan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi tetap memiliki syaratnya.

Beras merah yang memiliki kalori yang lebih rendah dari beras pada umumnya, dapat membantu menurunkan berat badan jika di takar dengan baik sesuai kebutuhan kalori harian dan dibantu dengan berolahraga.