3 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Rambut

Hidup Sehat – Sebagai salah satu teh yang memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, manfaat teh hijau ini juga dapat digunakan untuk rambut Anda. Apa saja khasiat yang diberikan teh yang dipopulerkan oleh negara Tiongkok ini?

Teh hijau ialah teh yang dihasilkan dari olahan daun teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh hijau ini dikenal sebagai minuman sumber antioksian polifenol yang kuat, bahkan teh hijau sering digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut karena memiliki khasiat yang dinilai cukup baik.

Ini beberapa manfaat yang diberikan teh hijau untuk kesehatan rambut:

1. Membantu mencegah kerontokan rambut

Manfaat teh hijau yang pertama adalah membantu mencegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut merupakan salah satu kondisi yang pernah terjadi oleh semua orang. Secara umum, kondisi ini terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti stres, diet, ataupun perubahan hormon.

Kandungan teh hijau yang tinggi akan kandungan katekin dapat membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya mempunyai kadar yang cukup tinggi pada pria ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut.

Oleh sebab itu, kandungan katekin yang terdapat dalam teh hijau dapat membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut dengan menekan produksi hormon androgen dalam tubuh Anda.
Meskipun demikian, penelitian yang lebih teknis tentang efek dari teh hijau dalam mengatasi masalah kerontokan rambut masih harus dilakukan, termaksud jumlah dan waktu pemakaiannya.

2. Mendukung pertumbuhan rambut

Selain dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut, teh hijau juga dapat mendukung pertumbuhan rambut Anda. Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Phytomedicine mengatakan unsur utama polifenol yang terdapat pada teh hijau, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dinilai sangat efektif dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Hal ini disebabkan oleh EGCG yang berperan sebagai salah satu pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut serta mencegah kerusakan pada kulit dan sel rambut.

Berdasarkan temuan inilah yang menjadikan salah satu faktor mengapa teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan rambut, terutama dalam mengatasi kerontokan.

Akan tetapi, masih harus dipastikan lagi apakah efek dari teh hijau yang mengandung anti mikroba ini dapat digunakan oleh seseorang yang mengalami kerontokan rambut akibat dari hormon.

3. Membantu memebuhi nutrisi rambut

Selain dapat membantu mengatasi kerontokan dengan cara mempercepat pertumbuhan rambut, teh hijau ini juga memiliki manfaat dalam memenuhi nutrisi pada rambut.

EGCG yang terdapat dalam teh hijau sangat baik dalam menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu, teh hijau dapat membantu melancarkan aliran darah, dimana hal tersebut dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Temuan ini sudah dibuktikan oleh para peneliti yang berasal dari University of Witten-Herdecke, dengan mengatakan bahwa kandungan polifenol yang terdapat dalam minuman teh hijau mampu meningkatkan aliran darah di kulit serta penyaluran okesigen ke otak sebesar 29%.

Berdasarkan hal tersebut, teh hijau ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, dikarenakan oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut. Sehingga mengonsumsi teh hijau dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda dan rambut jadi lebih sehat.