Adakah Khasiat Kesehatan Dari Jamur Truffle Yang Mahal?

Hidup Sehat – Jamur truffle dikenal karena harganya yang mahal, yaitu dapat mencapai puluhan juta rupiah untuk 1 kg. Dibalik harganya yang mahal, adakah kandungan gizi serta manfaat yang diberikan untuk kesehatan?

Pada umumnya jamur tumbuh di atas tanah, namun berbeda dengan jamur truffle yang tumbuh pada akar pohon yang terkubur 5-10 cm di bawah tanah. Sehingga untuk mendapatkannya, dibutuhkan alat deteksi khusus atau anjing pelacak untuk mengendus keberadaan jamur ini.

Berdasarkan fisik, jamur truffle juga berbeda dengan jamur pada umumnya. Jamur truffle memiliki bentuk bulat, keras, memiliki berbagai macam ukuran berdasarkan jenisnya, dan terbungkus semacam sisik. Jamur truffle memiliki lebih dari 100 jenis yang berada di seluruh dunia, tetapi hanya kurang lebih 10 spesies yang dapat digunakan untuk bahan makanan, di antaranya yang termahal adalah berjenis truffle hitam dan truffle putih.

Jamur truffle hitam (Tuber melanosparum) merupakan jamur yang berasal dari hutan oak di Perigord, Prancis, tetapi saat ini sudah banyak dibudidaya di negara Spanyol, Australia, dan Amerika Serikat. Jamu truffle hitam ini memiliki penampilan luar berwarna biru-hitam pada saat masih segar dan berubah menjadi cokelat-hitam dengan aroma tanah yang kental saat sudah tua.

Sedangkan jamur truffle putih (Tuber magnatum) merupakan jamur yang berasal dari Italia dan dianggap sebagai jamur terbaik kedua di dunia setelah truffle hitam. Jamur ini memiliki penampilan luar berwarna cokelat terang saat baru dipanen, tetapi akan berubah menjadi cokelat gelap asat sudah tidak segar lagi serta hilangnya rasa dan aroma setelah 1-2 minggu dipanen.

Kandungan gizi serta manfaat jamur truffle untuk kesehatan

Jamur truffle memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari protein, serat, fosfor, mangan, selenium, zinc, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan jenis truffle yang dikonsumsi.

Pada kadar tertentu, jamur truffle juga kaya akan kandungan zat antioksidan yang sangat baik dalam melawan radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Dari hasil kandungan yang diatas, jamur truffle diyakini memiliki manfaat, yaitu:

1. Mencegah kerusakan sel

Manfaat ini dihasilkan dari kandungan antioksidan yang terdapat pada jamur turffle, yaitu kandungan vitamin C, likopen, asam galat, dan asam homogentisat. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan mengatakan bahwa zat antioksidan dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

2. Membunuh bakteri

Dari hasil beberapa penelitian yang telah diuji coba dalam laboratorium mengatakan bahwa beberapa jenis truffle dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti Staphylococcus aureus sampai 66% dan juga dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri Pseudomonas aerufinosa yang relatif resisten terhadap antibiaotik.

3. Meredakan peradangan

Peradangan yang terjadi terus-menerus dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Untuk mencegah hal tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa jamur truffle bisa digunakan sebagai antiperadangan serta menjaga imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. membunuh sel kanker

Tes laboratorium yang lainnya juga mengatakan bahwa penggunaan ekstrak truffle memiliki potensi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker pada organ hati, paru-paru, usus besar, dan payudara. Bahkan, ekstrak jamur truffle hitam dan putih juga dapat digunakan untuk melawan sel kanker pada leher rahim (serviks).

Manfaat yag diberikan oleh jamur truffle di atas diperoleh dari penelitian di laboratorium dengan dosis tertentu, sehingga masih belum dapat dijadikan sebagai patokan pengobatan alternatif penyakit, salah satunya kanker.

Lagipula, jamur truffle yang digunakan dalam makanan hanya dalam porsi yang kecil, yakni sekitar 0.5 gram/sajian atau 1/10 sendok teh, sehingga manfaat untuk kesehatan mungkin tidak dapat Anda rasakan secara optimal.