Potensi Khasiat Buah Menteng Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Populeritas buah menteng tidak sebanding dengan nama salah satu daerah yang berada di pusat Jakarta. Tidak banyak orang yang pernah mencicipi buah langka yang satu ini, apalagi mengetahui akan manfaat yang diperoleh untuk kesehatan.

Di Indonesia, buah menteng tubuh subur di pulau Sumatera dan Jawa, tetapi kini keberadaan buah ini sudah sulit untuk ditemukan, hal tersebut dikarenakan kalah bersaing dengan jenis tanaman buah lainnya. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, buah menteng memiliki kemiripan dengan buah duku dengan bentuk yang bulat, kecil dan memiliki warna kulit kecokelatan, tetapi keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Buah menteng (Baccaurea racemosa) berasal dari suku Euphorbiaceae, dan buah duku (Lansium domesticum) berasal dari suku Maliaceae. Jika dinilai dari segi rasa, buah duku memiliki daging buah yang lebih manis, jika dibandingkan dengan buah menteng yang didominasi oleh rasa asam.

Buah menteng merupakan jenis tanaman yang bentuknya beraneka ragam. Buah ini juga dapat tumbuh sebagai semak yang memiliki ketinggian pohon 3 meter sampai pohon yang berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 25 meter yang memiliki daun yang lebat, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias maupun peneduh di tepi jalan.

Buah menteng sendiri memiliki bentuk bulat dengan diameter 35-70 cm, dengan kulit yang cukup tebal dan keras, bahkan lebih tebal dari daging buahnya. Berdasarkan hal inilah buah ini dinilai tidak ekonomis serta mengingat rasanya juga yang cenderung asam.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum banyak penelitian yang dilakukan untuk membahas mengenai manfaat yang diberikan buah menteng untuk kesehatan tubuh. Tetapi berdasarkan kandungan dalam buah menteng yang sudah pernah di teliti di laboratorium, buah ini kemungkinan dapat memberikan potensi khasiat sebagai berikut ini:

  • Sumber antioksidan

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal terhadap daging buah menteng yang dimana buah ini tinggi akan kandungan flavonoid, fenol dan terpenoid. Ketiga kandungan ini merupakan senyawa zat antioksidan yang mempunyai potensi dalam memerangi datangnya berbagai penyakit yang berasal dari paparan radikal bebas, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Sifat zat antioksidan yang terdapat dalam buah menteng berasal dari kandungan asam galat. Asam galat ini ditemukan lebih banyak pada bagian kulit buah menteng dan lebih sedikit terdapat pada danging buahnya.

Walaupun demikian, kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam buah menteng tersebut sangat lemah jika dibandingkan dengan zat antioksidan seperti vitamin C. Sehingga Anda harus melengkapi dengan makanan lain yang memiliki kandungan antioksidan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

  • Menyembuhkan diare

Manfaat buah menteng yang lainnya ialah dapat mengatasi diare. Hal tersebut didasari oleh kandungan asam galat di dalam buah ini yang memiliki aktivitas antibakteri. Aktivitas antibakteri yang dimiliki buah ini juga dipercaya bisa bertindak sebagai zat anti-HIV dan antikarsinogenik.

Sayangnya, hasil penelitian lainnya juga mengatakan bahwa asam galat yang terdapat pada buah menteng tidak dapat mengatasi diare, terutama yang disebabkan oleh bakteri Escherechia coli. Asam galat juga tidak terbukti dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphyloccocus auteus, penyebab berbagai penyakit kulit, seperti impetigo.

Manfaat lainnya yang dihasilkan dari buah menteng yang beredar di masyarakat ialah bisa menjadi peluruh haid, tetapi klaim akan manfaat ini belum terbukti secara medis. Walaupun khasiat dari buah menteng ini belum banyak diketahui, tidak ada salahnya jika Anda mencicipi buah langka yang satu ini.