10 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Buah cermai ini mungkin namanya masih cukup asing terdengar di telinga, padahal khasiatnya juga tidak kalah jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lebih populer. Buah yang memiliki warna hijau ini mengandunga banyak nutrisi serta vitamin, sehingga dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat yang diberikan buah cermai?

Buah cermai (Phyllanthus Acidos) merupakan buah yang masuk ke dalam keluarga buah beri-berian. Buah ini memiliki bentuk bulat berwarna hijau terang serta memiliki rasa yang masam menyegarkan. Dulu, buah cermai sering digunakan dalam pembuatan manisan buah, tetapi sekarang untuk menemukan buah ini sudah sangat sulit dan jarang dijual dipasar.

Buah cermai yang jika dilihat dari kandungan gizinya tidak kalah dengan buah-buahan lainnya. Kandungan yang terdapat dalam buah cermai ialah serat, zat besi, seng, kalium, fosfor, polifenol, tannin, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Kandungan zat-zat diatas mempunyai fungsi masing-masing, mulai dari antioksidan, anti-inflamasi, sampai anti bakteri. Oleh karena itu, buah ini sangat dianjurkan untuk konsumsi demi menjaga tubuh tetep sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini manfaat yang diberikan buah cermai jika dikonsumsi secara rutin.

1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) merupakan salah satu musuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh, terutama penyakit-penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung.

Kolesterol jahat dihasilkan dari berbagai jenis makanan, terutama pada makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dan minyak. Untuk mencegah supaya kadar kolesterol ini tidak menumpuk dalam tubuh, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah cermai secara rutin.

Manfaat buah cermai untuk menurunkan kadar kolesterol jahat berasal dari kandungan zat antioksidan. Dimana zat antioksidan bertugas untuk menghalang proses oksidasi dari kolesterol jahat. Bahkan zat antioksidan juga dapat mencegah terjainya penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

2. Merawat sistem pencernaan

Mengosumsi buah cermai secara rutin bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan Anda. Dimana hal tersebut dapat meminimalisir risiko gangguan sistem pencernaan, seperti sembelit, diare, radang pada usus, dan sebagainya.

Manfaat buah cermai yang satu ini dihasilkan dari kandungan serat. Sebagaimana diketahui, gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan identik dengan kurangnya kandungan serat dalam tubuh. Oleh sebab itu, memenuhi kandungan serat harian dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat salah satunya buah cermai.

3. Mengobati diabetes

Untuk penderita diabetes, mengonsumsi buah cermai sangat disarankan untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam tubuh.

Manfaat buah cermai yang satu ini berasal dari kandungan senyawa mineral bernama kromium. Dimana kandungan mineral ini berfungsi dalam meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin sehingga penyerapan glukosa dalam darah menjadi lebih terkontrol.

4. Diuretik

Buah cermai juga memiliki fungsi sebagai diuretik, yaitu dapat merangsang tubuh agar bisa menyerap lebih banyak cairan serta memperlancar proses pembuangannya melalui urin. Dengan demikian, racun yang terdapat dalam tubuh tidak akan menumpuk yang mana hal itu dapat membahayakan tubuh.

Manfaat buah cermai ini sudah diamati oleh beberapa praktisi medis yang mengatakan bahwa bah cermai sangat efektif dalam mempercepat proses pembuangan racun sisa makanan dalam tubuh, asam urat, sampai bakteri pada organ hati dan ginjal.

5. Mengobati infeksi

Vitamin C yang terdapat dalam buah cermai menjadi salah satu senjata dalam membasti bakteri atau virus yang hendak menginfeksi tubuh. Asam laktat buah cermai juga mempunyai sifat anti-bakteri yang mampu memaksimalkan kandungan vitamin C tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2011 oleh Internasional Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences dalam judul Antibacterial Potential of Some Herbal Preparation mengatakan bahwa buah cermai merupakan salah satu buah yang sangat baik dalam mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh.

6. Menjaga berat badan tubuh

Buah cermai juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi akan kandungan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Serat yang tinggi akan memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga membantu Anda dalam makan berlebih.

7. Mencegah kanker

Mencegah terjadinya penyakit kanker dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu dengan mengonsumsi buah cermai salah satunya. Kandungan zat antioksidan yang tinggi dalam buah cermai inilah yang memberikan manfaat tersebut. Dimana kandungan antioksidan berfungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas.

8. Meningkatkan kesuburan

Bagi kaum pria, buah cermai mempunyai manfaat dalam meningkatkan kesuburan Anda. Hal ini berdasarkan dari kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah cermai. Buah ini digadang-gadang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitias sperma, baik dari seger pergerakan sperma, jumlah sperma sehat, dan kesuburan sperma dalam membuahi sel telur.

Jadi untuk Anda yang sedang berencana memiliki anak, konsumsilah buah cermai secara rutin untuk dapat mempercepat terjadinya kehamilan pada pasangan Anda.

9. Menjaga kesehatan kulit

Anda menginginkan kulit yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang terjadi pada kulit, seperti jerawat dan penuaan dini. Mengonsumsi buah cermai merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Buah cermai yang tinggi akan kandungan vitamin C dan senyawa aktif antioksidan dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dikarenakan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas.

10. Menjaga kesehatan rambut

Di india, masyarakatnya sudah sejak lama menggunakan buah cermai sebagai salah satu tonik alami rambut yang secara efektif dapat menjaga kesehatan rambut mereka. Buah cermai yang sering dioleh menjadi minyak rambuat dapat digunakan untuk merawat rambut dan mengatasi sejumlah masalah rambut, seperti kerontokan dan sebagainya.

Kandungan yang terdapat dalam buah cermai disebut-sebut dapat memperlancar aliran darah menuju rambut, sehingga asupan nutrisi serta oksigen dalam rambut akan terpenuhi.