Manfaat Mengonsumsi Telur Punyuh, Si Imut Penuh Nutrisi

Hidup Sehat – Burung puyuh merupakan penghasil telur puyuh. Dimana telur ini sering digunakan sebagai salah satu campuran dalam sop, sate telur puyuh, dan lain-lain. Walaupun memiliki ukuran yang imut, telur puyuh memiliki manfaat yang tidak jauh dari telur ayam.

Telur yang imut ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam, serta tinggi kolesterol. Setiap lima butir telur punya memiliki kandungan yang kira-kira setara dengan satu butir telur ayam. Adapun kandungan dalam telur puyuh yaitu vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B9, vitamin A, selenium, fosfor, zat besi, zinc, kalsium, magnesium, potasium, dan mangan.

Berdasarkan kandungan yang terdapat dalam telur puyuh sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan sebuah hasil riset yang terdapat dalam jurnal International Journal of Scirntific and Research Publication mengatakan bahwa mengonsumsi telur puyuh dapat membantu menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh serta mencegah beberapa penyakit, berikit ini penjelasannya:

1. Menjaga kesehatan mata

Telur puyuh memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Salah satu manfaat dari vitamin A adalah sebagai senyawa antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan dan menjaga kemampuan mata supaya penglihatan tetap normal.

2. Menjaga fungsi otak

Kandungan vitamin yang terdapat dalam telur puyuh mampu membantu proses neurogenesis, menjaga fungsi saraf, dan plastisitak otak. Mengonsumsi telur puyuh dengan berbagai kandungan nutrisinya sangat baik dalam membantu menjaga fungsi kognitif otak pada orang dewasa.

3. sumber protein

Kandungan protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dalam membangun otot dan sel tubuh pada manusia. Kandungan protein dalam satu porsi telur puyuh tidak jauh beda dengan kandungan yang terdapat dalam satu butir telur ayam. Oleh karena itu, telur puyuh dapat menjadi salah satu alternatif makanan sumber protein yang sangat baik.

4. Melindungi kesehatan hati

Telur puyuh dipercaya memiliki kandungan senyawa yang sangat baik dalam menjaga kesehatan organ hati. Manfaat ini di dapat karena telur puyuh dipercaya mampu menstabilkan kadar transaminase ALP, ALT, dan TP, bahkan dapat mengurangi degenerasi jaringan organ hati.

Cara memasak telur puyuh yang aman

Telur puyuh dapat dikonsumsi dengan berbagai macam masakan dan cara pengelolaannya sama dengan telur ayam. Yang menjadi perbedaannya adalah waktu memasaknya yang jauh lebih cepat.

Di negara Jepang, telur puyuh sering dikonsumsi menjadi salah satu makanan pendamping sushi. Bahkan negara-negara Asia lainnya mengonsumsi telur puyuh sebagai makanan cemilan atau disajikan sebagai pendamping hidangan lainnya.

Mengolah telur puyuh yang tidak membutuhkan cara yang sulit adalah dengan merebusnya. Telur puyuh dapat dikonsumsi menjadi makanan sampingan, yang ditambahkan salad, atau dicincang untuk menjadi salad telur.

Harap untuk di ingat bahwa manfaat dari telur puyuh masih membutuhkan banyak penelitian yang lebih agar manfaat yang diberikan dapat secara maksimal. Telur puyuh juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kadar kolesterol pada bagian kuning telur puyuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam.

Oleh sebab itu, mengonsumsi telur puyuh harus sesuai dibatasi. Jika Anda memiliki masalah medis tertentu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, sehingga anda dapat mengetahui apakah mengonsumsi telur puyuh baik untuk kesehatan Anda.