Manfaat Teh Rosella Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Tidak hanya cantik dalam menghias kebun di rumah Anda, tanaman rosella juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Bunga serta daunnya juga dapat dioleh menjadi teh yang dapat di nikmati sebagi minuman yang menyehatkan.

Tanaman rosella memiliki warna merah pada bunganya serta menyerupai bunga sepatu. Bunga rosella ini juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam berbagai macam produk, seperti selai, sirup, obat, dan teh herbal.

Manfaat tanaman rosella ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang tinggi, dimana kandungan ini sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Bahkan, tanaman ini mempunyai manfaat yang lain, yaitu:

  • Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan, mengatakan ekstrak tanaman rosella sangat baik dalam menurunkan tekanan darah untuk penderita sindrom metabolik. Penyakit ini terlihat karena terjadinya peningkatan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan berat badan.

Bahkan, suplemen maupun teh rosella juga dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi). Tetapi, penggunaan teh rosella dalam membantu mengatasi hipertensi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  • Mengatasi kolesterol tinggi

Tanaman rosella dipercaya dapat menghambat penyerapan asam lemak jenuh dalam tubuh, serta membantu menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan, tanaman ini juga memiliki manfaat dalam menjaga kadar gula darah tetapi stabil, menurunkan kadar kolesterol total, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

  • Mencegah penyakit jantung

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tanaman ini memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah. Hal tersebut menjadikan teh rosella bermanfaat dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.

  • Mencegah risiko obesitas

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah rosella, seperti polifenol dan flavonoid mampu menghambat serta mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah obesitas. Tetapi, untuk mencegah terjadinya obesitas, Anda juga harus melakukan olahraga yang rutin dan menjalani pola makan sehat.

Selain manfaat diatas, tanaman rosella juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang mampu mengatasi peradangan serta mengurangi risiko kanker.

Walaupun dipercaya mempunyai berbagai efek yang baik untuk kesehatan, manfaat dari teh rosella ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Hal ini disebabkan oleh jumlah konsumsi teh rosella yang aman dan efektivitasnya masih belum diketahui secara pasti.