Inilah Alasan Kenapa Penis Ereksi Di Pagi Hari

Hidup Sehat – Untuk kaum adam, terjadinya ereksi pada penis di pagi hari adalah suatu hal yang biasa. Kondisi ini bukanlah suatu kelainan, tetapi tidak semua kaum adam mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Apa yang membuat penis ereksi di pagi hari?

Ereksi merupakan kondisi dimana penis kaun adam akan mengeras dan tegak. Pengerasan penis ini terjadi karena adanya suatu rangsangan fisik ataupun psikologis yang dapat memicu darah mengalir ke penis melalui jaringan pembuluh darah. Hal inilah yang mengakibatkan penis kaum adam mengeras.

Penyebab penis ereksi setiap pagi

Ereksi yang di alami kaum adam saat bangun tidur di pagi hari merupakan kondisi yang normal. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan nocturnal penile tumescence (NPT). Akan tetapi, ereksi yang terjadi di pagi hari lebih sering dialami oleh pria berusia muda, namun dapat terjadi juga pada setiap pria segala usia.

Pada dasarnya, ereksi terjadi saat Anda mendapatkan rangsangan seksual, seperti menonton film erotis, membaca buku atau novel dewasa, atau saat mempunyai fantasi seks tertentu. Tetapi, kondisi penis yang ereksi di pagi hari tidak terjadi oleh karena hal-hal tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat menimbulkan penis ereksi di pagi hari, yaitu:

1. Mimpi yang erotis

Saat tidur Anda mungkin dapat mengalami mimpi erotis. Mimpi ini dapat mengakibatkan rangsangan serta menyebabkan penis Anda menjadi ereksi. Saat terbangun dari tidur, Anda mungkin melihat penis sedang ereksi dan bisa saja mendapati adanya air mani atau ejakulasi. Untuk kejadian ini sering disebut dengan istilah mimpi basah.

2. Sentuhan pada penis

Terjadinya ereksi di pagi hari juga bisa terjadi karena adanya sentuhan yang tidak di sengaja pada area penis saat Anda tertidur. Sentuhan ini akan menimbulkan rangsangan yang dapat membuat penis ereksi. Sentuhan ini dapat berupa sentuhan yang dikarenakan penggunaan celana yang ketat serta mengguling saat tidur.

3. Pengaruh hormon testosteron

Di pagi hari, kadar hormon testosteron pada kaum adam akan melonjak naik. Hormon testosteron merupakan hormon yang memiliki peran penting dalam produksi sperma dan air mani, mempengaruhi tingkat libido pria, pembentukan massa otot, dan berbagai perubahan pada pria saat memasuki masa puber, seperti suara yang menjadi lebih berat.

Meningkatnya hormon testosteron pada kaum adam di pagi hari dapat mengakibatkan ereksi pada penis tanpa terjadinya rangsangan apapun pada penis.

4. Pengaruh rapid eye movement (REM)

Terjadinya ereksi di pagi hari juga ada kaitannya dengan gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM). Saat Anda tertidur maka sistem saraf akan menguji fungsi tubuh dengan memberikan rangsangan ke berbagai bagian tubuh, salah satunya penis. Kondisi inilah yang dapat menjadi salah satu alasan kenapa penis ereksi di pagi hari.

Karena periode REM terakhir sering terjadi pada Anda tepat setelah bangun tidur, maka Anda dapat melihat terjadinya ereksi pada penis ketika membuka mata. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya ereksi pada penis di pagi hari walaupun tidak terangsang oleh sesuatu yang erotis.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami ereksi di pagi hari karena kondisi ini memang wajar terjadi. Tetapi, jika Anda jarang mengalami ereksi pada saat bagun tidur juga bukan suatu perkara yang harus Anda risaukan. Sebab kecenderungan ereksi pada penis di pagi hari dapat menurun seiring bertambahnya usia atau disebabkan oleh stres.

Anda juga dianjurkan untuk selalu menghubungi dokter, saat ereksi di pagi hari terjadi disertai dengan rasa sakit pada penis atau ereksi yang sulit dikendalikan yang membuat penis tidak dapat rileks kembali. Begitu juga sebaliknya, saat Anda mengalami lemah syahwat, dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan langka pengobatan yang baik berdasarkan kondisi yang Anda alami.

Jika ereksi yang Anda alami terjadi selama lebih dari empat jam, maka segera kunjungi rumah sakit terdekat. Hal ini dalam istilah medis disebut dengan priapismus. Jika seorang pria mengalami hal tersebut harus mendapatkan penanganan yang cepat, sehingga mencegah risiko terkena disfungsi ereksi.