Gooseberry, Buah Dengan Kandungan Antioksidan Yang Tinggi

Hidup Sehat – Walaupun memiliki ukuran yang kecil, buah gooseberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi. Buah ini memiliki berbagai jenis mulai dari warna hijau, kuning, pink, merah, sampai ungu tua. Dari berbagai jenis yang ada, buah gooseberry yang paling umum ialah varietas yang berasal dari negara Eropa dan Amerika, yang disebut Ribus uva-crispa dan Ribes hirtellum.

Buah gooseberry yang belum matang jika dikonsumsi memiliki kemiripan dengan buah anggur yang masih asam. Sementara untuk jenis gooseberry berwarna merah yang sudah mata memiliki rasa yang lebih manis tetapi tetap memiliki rasa asam yang menyertainya.

Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu memelihara kesehatan tubuh Anda. Hal tersebut berdasarkan kandungan yang dimiliki buah ini, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, mangan, potasium.

Beberapa manfaat yang di dapat dari mengonsumsi buah gooseberry, adalah:

1. Kaya vitamin C

Salah satu keunggulan yang terdapat dalam buah gooseberry ialah kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam satu porsi buah ini mampu memenuhi sekitar 46% dari kebutuhan harian. Kandungan vitamin C merupakan kandungan antioksidan yang memiliki peranan penting untuk sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, serta juga kesehatan kulit.

2. Tinggi serat

Saat Anda sedang mencari buah yang tinggi serat tetapi rendah kalori, buah gooseberry dapat menjadi salah satu pilihan utama. Mengonsumsi satu cangkir yang setara dengan 150 gram buah ini hanya memberikan 3% total kebutuhan kalori orang dewasa. Bahkan, buah ini akan menyumbang kandungan serat yang tinggi sekitar 26% dari AKG orang dewasa, tingginya kandungan serat ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan dapat menghindari asupan kalori yang terlalu tinggi.

3. Kaya antioksidan

Penting sekali untuk memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari dengan makanan yang cukup akan kandungan antioksidan. Mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, jantung, diabetes tipe-2, penuaan dini, serta melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Di dalam buah gooseberry terdapat kandungan phytonutrients, yaitu:

  • Flavonol : adalah kandungan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, melawan kanker, serta juga dapat mencegah terkena virus.
  • Anthocyanin : adalah kandungan substansi yang membuat buah ini memiliki warna dan memiliki hubungan dengan kesehatan mata serta saluran kemih. Bahkan, anthocyanin dapat membantu daya ingat, penuaan yang sehat, dan menurunkan risiko terkena kanker.
  • Organic acid : adalah kandungan yang membuat buah gooseberry memiliki rasa asam, tetapi memberikan manfaat dalam mencegah risiko stroke serta penyakit Alzheimer.

4. Memiliki potensi dalam mengendalikan kadar gula darah

Gooseberry memiliki beberapa kandungan substansi yang sangat baik dalam membantu mengendalikan kadar gula darah. Tingginya kandungan serat membuat penyerapan gula dalam darah lebih perlahan yang membuat gula darah tidak melejit naik. Dalam sebuah uji laboratorium yang dilakukan terhadap ekstrak gooseberry mengatakan bahwa buah ini memiliki kandungan alpha-glucosidase inhibitor yang dapat mengikat inzim dalam usus halus sehingga gula darah tidak secara langsung dilepaskan ke aliran darah.

5. Potensi melindungi otak

Gooseberry merupakan buah dengan sumber alami organic acid yang dapat membantu mencegah akumulasi zat besi dalam sel tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hal ini memiliki potensi dalam mencegah risiko terjadinya penyakit stroke dan Alzheimer jika dikonsumsi secara berkala. Bahkan, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah ini dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif akibat penuaan.

6. Baik untuk jantung

Gooseberry memiliki kandungan antioksidan serta potasium yang dapat menjaga kesehatan jantung. Dari substansi antioksidan ini, gooseberry dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam darah, dimana kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakti jantung.

Tidak hanya itu saja, kandungan phytonutrients seperti flavonols dan anthocyanin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengoptimalkan fungsi pembuluh darah sehingga risiko terjadinya penyakit jantung akan menurun.

Lebih jauh lagi, kandungan potasium yang terdapat dalam buah ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan potasium dapat menjaga detak jantung serta tekanan darah agar tetap teratur, sehingga risiko serangan jantung dan stroke akan berkurang.