Fungsi Lutein dan Zeaxanthin Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Hidup Sehat – Molekul antioksidan dibutuhkan oleh banyak organ yang berada dalam tubuh, mulai dari kulit sampai mata. Beberapa contoh kandungan nutrisi dari makanan yang mempunyai sifat senyawa antioksidan untuk kesehatan mata adalah lutein dan zeaxanthin, dimana kedua karotenoid ini sering dibandingkan. Apa aja yang menjadi sumber dari lutein dan zeaxanthin?

Lutein merupakan molekul senyawa antioksidan dalam makanan yang tergolong dalam senyawa karotenoid. Menjadi senyawa antioksidan, lutein dapat membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas, untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada sel dan organ tubuh. Bahkan, senyawa ini juga memiliki potensi manfaat untuk organ lainnya seperti mata.

Lutein sering berdamping dengan senyawa zeaxanthin, dimana zeaxanthin juga mempunyai efek antioksidan. Lutein dan zeaxhantin merupakan pasangan kombo yang dilaporkan lebih efektif jika bekerjasama dalam melindungi kesehatan tubuh.

Lutein dan zeaxanthin adalah sumber nutrisi khas yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Kedua senyawa ini menawarkan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

1. Menjaga kesehatan mata

Senyawa lutein dan zeaxanthin merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan mata. Kedua kandungan karotenoid ini yang akan terkumpul di retina mata, terutama pada area makula, yang terletak pada bagian belakang mata. Karena banyak terkonsentrasi pada area makula, senyawa lutein dan zeaxanthin juga sering disebut sebagai pigmen makula.

Senyawa lutein dan zeaxanthin akan bekerja menjadi molekul antioksidan yang menjadi pelindung area makula dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Penurunan senyawa antioksidan yang terdapat pada mata dilaporkan bisa mengganggu kesehatan organ mata ini.

Senyawa lutein dan zeaxanthin juga akan membantu mata menyerap sinar matahari berlebih yang masuk, sehingga fungsi mata akan tetap normal serta terjaga dengan baik berkat kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin.

Pengaruh positif dari senyawa lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, retinopati diabetik, uveitis.

2. Memelihata kesehatan kulit

Selain sangat baik dalam menjaga fungsi dan kesehatan mata, senyawa lutein dan zeaxanthin juga dipercaya memiliki manfaat dalam menjaga kesahatan kulit. Manfaat ini dihasilkan karena kandungan senyawa antioksidannya yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusaka yang diakibatkan oleh sinar matahari ultraviolet.

Berdasarkan sebuah riset yang terdapat dalam Clinical, Cosmetic dan Investigational Dermatology, mengatakan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat memperbaiki serta meratakan rona kulit secara signifikan. Studi yang dilakukan ini melibatkan 46 orang yang mengalami kulit kering.

Makanan yang menjadi sumber lutein dan zeaxanthin

Meskipun tergolong sebagai karotenoid yang dikenal sebagai pigmen warna cerah, lutih dan zeaxanthin sebenarnya lebih banyak terdapat dalam sayuran hijau segar. Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan lutein dan zeaxanthin, yaitu:

  • Sayur bayam,
  • Sayur brokoli,
  • Sayur kate,
  • Parsley,
  • Kacang polong,
  • Jagung,
  • Melon,
  • Jeruk,
  • Labu,
  • Kiwi,
  • Paprika merah,
  • Dan lain sebagainya.