Murah Meriah, Ini Manfaat Mengonsumsi Oncom Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Bicara untuk makanan yang murah tetapi memiliki kandungan gizi yang tinggi, oncom adalah salah satu pilihan makanan tersebut. Oncom memiliki kandungan protein yang tinggi dan kandungan gizi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Oncom merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Oncom terbuat dari bahan dasar bungkil tahu (kacang kedelai yang sudah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu) serta bungil tahu kacang tanah ataupun ampas tapioka. Di pasar, yang familiar terjual adalah jenis oncom merah dan oncom hitam.

Proses pembuatan oncom merah pada dasarnya terbuat dari bungkil tahu yang kemudian dicampur dengan kapang Neurospora sitophila dan proses pembuatan oncom hitam pada dasarnya terbuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur dengan tepung tapioka serta kapang tempe Rhizopus oligosporus.

Oncom ialah salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, mulai dari protein, serat, karbohidrat, lemak, zat besi, kalium, dan vitamin B1.

Berdasarkan kandungan yang terdapat dalam oncom, berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Mencegah perut kembung

Jangan khawatir jika perut Anda terasa kembung setelah mengonsumsi oncom. Hal tersebut dikarenakan fermentasi oleh Neurospora sitophila serta kapang Rhizopus oligosporus yang sangat baik dalam mencegah perut menghasilkan gas yang berlebih, sehingga tidak mengakibatkan munculnya rasa kembung.

2. Menyehatkan salurun cerna

Proses fermentasi yang dilakukan oleh kapang terhadap oncom akan membuat beberapa oligosakirada sederhana, seperti sukrosa, rafinosa, dan stakhiosa menurun secara cepat dalam tubuh. Dimana Rafinosa dan stakhiosa yang masih tinggi dalam kedelai ataupun kacang tanah inilah yang dapat membuat Anda merasa mulas atau rasa tidak enak pada perut.

3. Sumber energi

Kandungan karbohidrat serta kandungan protein yang tinggi dalam oncom inilah yang menjadi sumber energi yang baik dan aman untuk tubuh. Bahkan, kandungan gizi yang terdapat dalam oncom juga baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh serta janin pada ibu hamil.

4. Mengurangi kolesterol

Mengonsumsi oncom juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah serta meningkatkan ekskresi steroid tinja. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang dapat merangsang produksi rantai pendek asam lemak oleh mikroflora usus, sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami penurunan.

Tetap hati-hati dalam mengonsumsi oncom

Walaupun memiliki berbagai manfaat atau dapat digunakan sebagai salah satu sumber protein alternatif, tetap ada beberapa yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi oncom. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi oncom adalah soal kebersihan dalam proses pembuatannya.

Sanitasi yang baik saat pembuatan oncom bertujuan untuk mencegah terjadinya perkembangan jenis mikroba seperti Aspergillus flavus yang dapat menghasilkan racun aflatoksin sehingga memiliki potensi memicu terjadinya risiko kanker. Hal yang lainnya yang perlu Anda perhatikan ialah memastikan bahwa oncom yang Anda konsumsi keadaan segar, yaitu batas maksimal 1-2 hati setelah disimpan dalam suhu ruangan.