5 Tips Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Hidup Sehat – Seringkah Anda merasa tidak bersemangat di pagi hari, atau kegiatan di pagi hari sudah banyak menguras tenagamu? Adakah cara yang dapat dilakukan untuk bisa tetap berenergi di pagi hari dan membuat tubuh terhindar dari rasa lelah sepanjang hari?

Sebagian banyak orang memilih untuk mengonsumsi segelas teh atau kopi guna meningkatkan energi di pagi hari serta membuat wajah lebih segar. Untuk Anda yang kurang menyukai hal tersebut, tenang saja, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah energi di pagi hari, yaitu:

1. Bangun tidur lebih awal

Kondisi terburu-buru saat bangun tidur dapat membuat energi Anda banyak terkuras. Hal tersebut dikarenakan, Anda akan banyak melakukan semua persiapan pagi hari dengan cepat. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus membiasakan diri bangun 15-30 menit lebih awal. Bangun tidur lebih awal akan membuat Anda mempunyai waktu yang cukup dalam mempersiapkan segala kebutuhan di pagi hari.

2. Mengonsumsi air putih

Saat tidur semalaman tubuh akan menguras banyak cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan membiasakan diri untuk minum segelas air putih di pagi hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh supaya tetap terhidrasi. Tidak hanya itu saja, minum air putih di pagi hari juga menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

3. Olahraga ringan

Meskipun Anda sudah menjadwalkan olahraga di waktu sore atau malam hari, ada baiknya Anda juga tetap mengusahakan untuk melakukan olahraga ringan di pagi hari. Hal tersebut akan membantu tubuh dalam melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) serta norepinefrin yang membuat tubuh Anda lebih berenergi.

Bahkan, melakukan kegiatan olahraga ringan di pagi hari secara rutin akan membuat Anda lebih mudah dan lebih nyenyak tidur di malam hari.

4. Hibur diri sejenak

Sebelum Anda memulai melakukan aktivitas di pagi hari, tidak ada salahnya untuk Anda menghibur diri sejenak dengan mendengarkan music favorit atau ngobrol santai dengan anggota keluarga. Hal ini akan membantu pagi hari Anda lebih rileks dan lebih siap dalam melakukan aktivitas di sepanjang hari.

5. Sarapan pagi

Sesibuk apapun aktivitas di pagi hari, Anda tetap tidak boleh melewatkan waktu sarapan pagi. Dengan malakukan sarapan pagi dapat memberikan dua manfaat untuk Anda, yaitu memberikan energi untuk melakukan segala aktivitas serta akan membantu menurunkan tingkat stres.

Tetapi perlu di ingat, bahwa untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut, Anda diharuskan mengonsumsi makanan yang sehat. Beberapa pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan adalah gandum, roti, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu.

Dengan melakukan tips diatas, semoga Anda dapat merasa lebih berenergi untuk melakukan semua aktivitas di sepanjang hari.